oleh

Hasil Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi, Pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih 17 Februari

sukabumiekspres.net || PALABUHANRATU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi telah menetapkan pasangan Marwan Hamami dan Iyos Somantri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi terpilih hasil Pilkada 2020. Saat ini tinggal menunggu prosesi pelantikan yang dijadwalkan berlangsung 17 Februari 2021.

DPRD Kabupaten Sukabumi pun mengusulkan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Barat untuk segera melantik Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi terpilih, sekaligus mengusulkan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi masa jabatan 2016-2021.

“Kita akan segera mengusulkan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati masa jabatan 2016-2021 dan mengusulkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada 2020 kepada Mendagri melalui Gubernur Jabar,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara, di sela memimpin rapat paripurna, kemarin (26/1).

Rapat paripurna DPRR dihadiri Bupati Sukabumi Marwan Hamami, KPU, Bawaslu, Forkopimda, dan unsur perangkat daerah di ruang sidang DPRD Kabupaten Sukabumi. Rapat paripurna itu menindaklanjuti surat dari KPU Kabupaten Sukabumi Nomor: 25/PL.02.7-SD/3202/KPU-Kab/I/2021, perihal Penyampaian Dokumen Penetapan Pasangan Calon Terpilih Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Tahun 2020 yang diterima DPRD pada Senin (25/1).

“Sesuai jadwal, Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi terpilih akan ditetapkan dan dilantik pada 17 Februari 2021. Tempat dan lokasi pelantikan masih dibahas provinsi,” terang politikus Partai Gerindra itu.

Menurut Yudha, pengesahan dan pengangkatan bupati terpilih dilakukan Mendagri melalui Gubernur paling lama 14 hari sejak surat usulan disampaikan. Hal itu berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015, Pasal 160 ayat (4).

“Semoga Bupati dan Wakil Bupati terpilih dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai harapan masyarakat Kabupaten Sukabumi. Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Marwan Hamami dan Pak Adjo Sardjono atas pengabdiannya selama ini memimpin Kabupaten Sukabumi,” kata Yudha.

Bupati Sukabumi terpilih, Marwan Hamami, mengatakan keberhasilan penyelenggaraan Pilkada 2020 merupakan awal yang baik bagi seluruh elemen dan komponen daerah serta pemerintah daerah untuk bersatu padu membangun Kabupaten Sukabumi menuju daerah maju dan masyarakat yang sejahtera.

“Mari kita bersama-sama melanjutkan dan membangun daerah Kabupaten Sukabumi agar lebih maju dan berkembang. Selama 5 tahun memimpin Kabupaten Sukabumi bersama Pak Adjo Sardjono, sudah merealisasikan visi misi dengan baik. Tapi sebagian yang belum dicapai, akan dilanjutkan diperiode sekarang,” ungkapnya. (ist)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *