oleh

Bappeda Kota Sukabumi Ajukan Protukda Inovasi Daerah

sukabumiekspres.net || SUKABUMI – Tekad Pemkot Sukabumi dalam berinovasi dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat terus dilakukan. Hal itu ditunjukan dengan diusulkannya rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang inovasi daerah oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, di tahun 2021 ini.

Kepala Bidang Litbang, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi, Nenden Eviyanti menjelaskan, saat ini prosesnya sudah sampai pada tahap penyusunan draf Program Pembetukan Hukum Daerah (Protukda). “Selanjutnya, diajukan dan dibahas di Panitia Penyusunan (Pansun) Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Sukabumi,” ujar Nendilen, saat ditemui di kantornya, kemarin (2/2).

Nenden mengatakan, Raperda tentang inovasi daerah dibentuk dengan tujuan meningkatkan kinerja pelayanan perangkat daerah serta mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik. “Selain itu, untuk peningkatan daya saing daerah, pemberdayaan dan peran serta masyarakat,”katanya.

Dengan adanya Raperda ini, lanjut Nenden, usulan inovasi yang selama ini hanya datang dari perangkat daerah dapat juga datang dari unsur lainnya.

“Nanti, inovasi daerah bisa juga datang dari masyarakat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan juga ASN,” ucapnya.

Nenden menambahkan, raperda ini mengatur tentang bentuk inovasi daerah yang meliputi, inovasi tata kelola daerah, pelayanan publik dan inovasi daerah lainnya sesuai urusan yang menjadi kewenangan daerah. “Didalamnya juga mengatur tentang kriteria, penetapan inisiatif, dan beberapa poin lainnya,” pungkasnya. (Job3)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *