oleh

Tahun Depan 70 Desa di Kabupaten Sukabumi Laksanakan Pilkades Serentak

PALABUHANRATU – Sebanyak 381 desa di Kabupaten Sukabumi telah melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak selama periode 2016-2019. Pilkades digelar karena masa jabatan kepala desa di masing-masing desa itu sudah habis.

Rinciannya, pelaksanaan Pilkades gelombang I pada 2016 terdata sebanyak 70 desa, gelombang II pada 2017 sebanyak 71 desa, dan gelombang III pada 2019 terdapat 240 desa.

“Tahun ini ada tiga desa yang akan melaksanakan Pilkades melalui pergantian antar waktu (PAW) karena kepala desanya meninggal dunia dan tersangkut masalah hukum. Ketiga desa itu yakni Desa Sanggrawayang Kecamatan Simpenan, Desa Cibentang Kecamatan Gunungguruh, dan Desa Purabaya Kecamatan Purabaya,” terang Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Sukabumi, Dedi Kusnadi, kepada wartawan, kemarin (2/2).

Tahun depan, Pilkades serentak akan dilaksanakan tiga gelombang. Gelombang I dilaksanakan di 70 desa, gelombang II sebanyak 71 desa, dan gelombang III berjumlah 240 desa.

“Masa jabatan kepala desa itu selama 6 tahun. Jumlah desa yang akan mengikuti Pilkades mendatang mengulang Pilkades yang sudah dilaksanakan pada periode sebelumnya,” ujarnya.

Menurut Dedi, selama kekosongan jabatan kepala desa akan diisi oleh penjabat. Biasanya, penjabat yang mengisi jabatan kepala desa itu berasal dari ASN kecamatan yang membawahi desa masing-masing hingga pelantikan hasil pemilihan PAW.

“Rencana pelaksanaan Pilkades serentak mendatang sudah kita persiapkan dari sekarang. Persiapan awal melakukan inventarisasi terhadap pemerintahan desa yang jabatan kepala desanya akan berakhir. Termasuk melakukan evaluasi tahapan-tahapan Pilkades berkaca pada pelaksanaan sebelumnya,” tandasnya. (ist)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *