Tingkatkan Literasi dengan Bermain Catur

Tingkatkan Literasi dengan Bermain Catur
LITERASI : Ketua Ruang Peradma, Kensal Nurajib, saat mengikuti Festival Inovasi di Halaman Bappeda Kota Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMI – Ada berbagai cara untuk meningkatkan minat literasi kepada anak. Seperti halnya yang oleh para pemuda yang tergabung Komunitas Ruang Peradma yang menciptakan permainan catur berbasis edukasi.

Tak seperti permainan catur pada umumnya yang dimainkan oleh dua orang, catur ciptaan Ruang Peradma ini dimainkan oleh tiga orang dan ada sejumlah pertanyaan yang mengedukasi para pemainnya. “Ini namanya catur cerdas cermat, dimainkan tiga orang. Tujuan dari permainan ini lebih kepada edukasi,” ujar Ketua Ruang Peradma, Kensal Nurajib saat ditemui di festival inovasi di Halaman Kantor Bappeda Kota Sukabumi, belum lama ini.

Kensal menuturkan, sebetulnya permainan catur tiga orang sudah ada sejak dulu di Negara Mexico. Namun formasi meja catur nya melingkar, sedangkan catur cerdas cermat ini formasi nya persegi tiga. “Catur ini lebih dikembangkan lagi oleh kami dengan menambahkan edukasi di dalam permainannya,”tutur dia

Baca Juga:Satpol PP Razia Peredaran Rokok Ilegal di SukabumiAplikasi Online Disdukcapil Banyak Dikunjungi

Setiap pemain yang akan melangkahkan pion nya harus menjawab pertanyaan terlebih dahulu dari setiap kartu yang diambil, jika tak bisa menjawab pertanyaan itu maka dia tak bisa melangkah dan pionnya bisa dilewati oleh pemain lain. “Kalau bisa menjawab pertanyaan nya, pemain boleh melangkah dan mendapat nilai dalam permainan,”terang dia menambahkan, catur cerdas cermat Ruang Peradma ini mulai diciptakan pada tahun 2018 lalu dan terus mengalami pengembangan hingga menjadi bentuk yang saat ini. Hingga saat ini permainan catur tersebut sudah dikenalkan kepada instansi pemerintah juga masyarakat. (job3)

0 Komentar