Sterilkan Akses ke Pasar Pelita, Pemkot Sukabumi Mulai Tertibkan PKL

Sterilkan Akses ke Pasar
BONGKAR: Penertiban PKL di Jalan Perniagaan Kota Sukabumi mengerahkan alat berat yang membantu pembongkaran lapak, Sabtu (12/2). Penertiban PKL merupakan salah satu agenda mengaktivasi Pasar Pelita yang pembangunannya sudah kelar.
0 Komentar

JL PERNIAGAAN – Pemkot Sukabumi dibantu TNI dan POLRI menertibkan lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekitar Jalan Perniagaan, Sabtu (12/2). Terutama bagi PKL yang berjualan di sekitar akses menuju ke Pasar Pelita Kota Sukabumi.

Penertiban dipantau Wali Kota Sukabum Achmad Fahmi didampingi Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin, Dandim 0607 Kota Sukabumi, dan elemen gabungan lainnya.

Rencananya, penertiban tak hanya dilakukan di Jalan Perniagaan. Para PKL yang berada di Jalan Stasiun Timur, Jalan Stasiun Barat, Jalan Pasar, Jalan Harun Kabir, Jalan Pasar Wetan, dan di kawasan Pasar Cimol, juga akan ditertibkan.
Kepala Diskumindag Kota Sukabumi, Ayi Jamiat, mengatakan penertiban dilakukan setelah melalui berbagai proses. Mulai dari imbauan dan pemberian surat peringatan yang disampaikan kepada para pedagang.

Baca Juga:Polwan Negosiator Tingkatkan Kembali Edukasi ProkesMudahkan Layanan, Dinsos Bakal Bentuk Puskesos di Kelurahan

“Kami berikan surat peringatan kesatu, kedua, dan ketiga dalam kurun waktu yang cukup lama,” terang Ayi kepada wartawan.

Harapan Ayi, para PKL yang lapaknya ditertibkan segera mengisikios dan los yang sudah disiapkan di pusat perbelanjaan Pasar Pelita. Di tempat tersebut sudah disiapkan kurang lebih sebanyak 2.500 kios dan los bagi para pedagang.

“Berdasarkan data yang kami miliki, jumlah PKL yang berjualan di tujuh ruas jalan di Kota Sukabumi ada sebanyak 900 pedagang. Harapan saya, semuanya bisa mengisi kios dan los yang sudah disiapkan di Gedung Pasar Pelita ini,” kata Ayi.

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, mengatakan langkah penertiban PKL merupakan bagian dari aktivasi Pasar Pelita. “Alhamdulillah, tahapan-tahapan normalisasi jalan sudah dilaksanakan baik oleh unsur pemerintah daerah, Polres, dan Kodim 0607 Kota Sukabumi,” ujar Fahmi.

Hasil pantauan di lapangan, kata Fahmi, terlihat para pedagang sudah membongkar secara mandiri masing-masing lapak mereka. Fahmi mengapresiasi hal itu karena mereka sudah memahami relokasi dan harus pindah ke lokasi gedung Pasar Pelita. Hal itu terlihat dilakukan para PKL di Jalan Perniagaan dan Jalan Stasiun Timur.

0 Komentar