Pemkab Raih Penghargaan Odading Award Kategori TPPS Gubernur Jabar, Ridwan Kamil : Pentingnya Pemberantasan Stunting

Pemkab Raih Penghargaan Odading Award Kategori TPPS Gubernur Jabar, Ridwan Kamil : Pentingnya Pemberantasan Stunting
0 Komentar

BANDUNG –Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mewakili Bupati Sukabumi menerima Penghargaan Obrolan Daring Stunting (ODADING) Award Tahun 2022 untuk Kategori Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Paling Berkomitmen di Aula Barat Gedung Sate Bandung, (14/12).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Jawa Barat Atalia Paratya, pada gelaran Jabar Stunting Summit 2022 yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka mewujudkan komitmen Provinsi Jawa Barat dalam upaya percepatan penurunan stunting menuju Jabar Zero New Stunting 2023.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam sambutannya menjelaskan akan pentingnya pemberantasan terhadap stunting, oleh karena itu Provinsi Jabar kebut lima pilar percepatan komitmen visi pimpinan melalui perda khusus untuk stunting.

Baca Juga:RS Bunut Punya Fasilitas MRI Superconductive 1,5 TeslaPuluhan Anak Positif HIV/AIDS

Menurutnya, di Jabar, stunting bukan hanya urusan dinas kesehatan saja. Akan tetapi semua dinas dan OPD pun terlibat dengan perannya masing masing,” ungkapnya.

“Walaupun isunya kesehatan, tapi ini masalah peradaban. Kalau sudah masalah peradaban, maka tanggung jawab semua yang mengaku aparat, PNS dan pimpinan di jawa barat,”tuturnya.

Maka dari itu melalui pemberian penghargaan ini, diharapkan bisa memberikan contoh, semangat dan dapat diikuti oleh daerah lainnya. Apalagi, menjelang indonesia emas diharapkan bisa menempati rangking empat dalam proyeksi ekonomi 2045.

Sementara, Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, bahwa stunting sangat menentukan kebesaran suatu negara dan mempengaruhi terhadap pendapatan perkapita negara. Dengan demikian, menurutnya untuk menghindari stunting maka diperlukan intervensi terhadap ibu sebelum hamil, baik itu remaja sebelum menikah, hingga memeriksa kesehatan kehamilan secara berkala.

Usai kegiatan Iyos mengaku bersyukur atas penghargaan yang di berikan pemerintah provinsi Jabar, hal ini merupakan komitmen yang telah dibangun oleh TPPS Kab. Sukabumi dalam mewujudkan new zero stunting di prov jabar, kususnya di kabupaten sukabumi.

“Mari kita bersama sama melaksanakan gerakan kemanusiaan ini, untuk membantu saudara saudara kita agar dapat meningkat kulaitas kehidupannya” jelasnya.

0 Komentar