Soroti Kasus Korupsi Minyak Goreng, Gigin Sebut 2 Menteri dan 3 Orang Terkaya Indonesia

Soroti Kasus Korupsi Minyak Goreng, Gigin Sebut 2 Menteri dan 3 Orang Terkaya Indonesia
0 Komentar

JAKARTA — Para terdakwa korupsi minyak goreng telah divonis hukuman ringan.

Mereka diantaranya Tim Asistensi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Lin Che Wei, mantan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana (IWW), Senior Manager Corporate Affair PT.Victorindo Alam Lestari Stanley Ma, Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia Master Palulian Tumanggor dan General Manager (GM) Bagian General Affair PT Musim Mas Pierre Togar Sitanggang.

Pengamat kebijakan publik Gigin Praginanto mengatakan, diantara mereka ada yang bekerja sebagai eksekutif atau komisaris perusahaan tapi jelas dalam konteks ini mereka hanyalah krucuk karena bukan pemilik.

Para bos besar industri sawit kata dia tetap dibiarkan bebas merdeka. Padahal jelas sekali merekalah atau pihak yang paling diuntungkan oleh tsunami harga minyak goreng yang terjadi pada bulan April tahun lalu.

Baca Juga:Delapan Parpol Pertegas Penolakan Sistem Proporsional Tertutup Pemilu 2024Predator 13 Santriwati Herry Wirawan Dihukum Mati, Cak Imin Beri Apresiasi

Menurutnya hal ini cukup aneh, peristiwa yang demikian besar melibatkan raksasa-raksasa sawit yang sangat berpengaruh dalam perekonomian nasional tapi menteri dan pemilik perusahaan tidak tahu menahu.

“Tapi kok menterinya tidak tahu-menahu. Pertanyaan yang yang betul-betul mengganggu saya adalah apakah para pemilik industri besar sawit sebagai pihak yang paling diuntungkan tidak mengetahui sepak terjang mereka, sepak terjang anak buah mereka dan kaki tangan mereka di pemerintahan. Mungkinkah kaki tangan mereka berani bertindak tanpa izin dari bos besar mengingat apa yang mereka lakukan menyangkut kepentingan orang banyak sehingga bisa mengundang amarah publik dan pada akhirnya merembet ke ranah politik,” ungkapnya.

Menurutnya, pemilik masing-masing perusahaan begitu pun dengan Menteri Perdagangan (Mendag) tak mungkin tidak mengetahui permainan itu.

Gigin juga membeberkan bos perusahaan industri sawit yang bergerak dari hulu sampai hilir dalam pemerintahan yaitu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B Panjaitan.

Kita ketahui di pemerintahan sendiri ada bos perusahaan sawit, industri sawit yang bergerak dari hulu sampai hilir yaitu Luhut B Panjaitan Menko Maritim dan Investasi,” bsbernya.

Selain itu dia juga membeberkan tiga nama bos perusahaan industri sawit yang masuk salah satu orang terkaya di Indonesia.

0 Komentar