Kemarau Kerap Picu Konflik Antarpetani *Berebut Pasokan Air untuk Lahan Pertanian

ist
IST/DOK KEKERINGAN: Sejumlah lahan pertanian di Desa/Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi dibiarkan telantar karena sudah tak ada pasokan air akibat dampak kemarau.
0 Komentar

KEBONPEDES – Pembagian air di tengah krisis akibat dampak kemarau di Desa/Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi terkadang berujung konflik di kalangan pertani. Mereka harus berebut air dari aliran sungai di daerah-daerah irigasi.

Kepala Desa Kebonpedes, Dadan Apriandani, mengatakan krisis air untuk pasokan kebutuhan memang kadang jadi dilema. Sebab, di sisi lain berpotensi memunculkan konflik di kalangan petani.

“Belum lama ini sempat terjadi benturan di kalangan masyarakat petani. Sempat ada kesalahpahaman dalam hal pengaturan air,” kata Dadan kepada wartawan, belum lama ini.Di wilayah tersebut kemarau sudah terjadi sejak tiga bulan lalu. Daerah irigasi (DI) Cimuncang menjadi andalan bagi para petani di wilayah itu mengairi lahan pertanian.

Baca Juga:Polisi Identifikasi Mayat yang Nyangkut di PLTA Ubrug Warga BantarmuncangTouring Sukabumi Ngabumi Jelajah Keberagaman Budaya

Dadan menuturkan luasan lahan sawah di wilayahnya sekitar 100 hektare. Sebagian besar masyarakat di wilayah itu bermata pencaharian sebagai petani.

“Hampir 60 persen masyarakat kami bekerja sebagai petani. Ketika kondisi kemarau panjang seperti ini, para petani tidak memiliki pekerjaan karena lahan garapan mereka tak bisa berproduksi,” tuturnya.

Menurut Dadan keberadaan DI Cimuncang terhadap kondisi lahan pertanian, terutama sawah. Sehingga, ketika debit air di DI Cimuncang menyusut, maka berdampak signifikan. “Di wilayah kami tidak ada sumber air lain,” ungkap Dadan.

Dadan berharap pemerintah setempat bisa meningkatkan berbagai bantuan kepada para petani. Terutama bantuan dalam bentuk sarana dan prasarana pertanian.

“Sarana dan prasarana ini tentu untuk keberlangsungan sektor pertanian di wilayah kami. Terutama untuk pembangunan saluran irigasi,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar