Simulasikan Tanggap Darurat Bencana di Zona Megathrust

Ist
SIMULASI: PMI Kabupaten Sukabumi memilih Desa Ciengang Kecamatan Gegerbitung ang berada di bentangan Sesar Cimandiri zona megrathrust untuk melaksanakan simulasi TDB yang digelar pada Rabu (4/9/2024). FOTO : ANTARA/ADITYA ROHMAN
0 Komentar

Maka dari itu, melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Nyalindung dan Gegerbitung dalam melaksanakan kegiatan simulasi ini. Simulasi TDB juga didukung oleh Atma Connect dan ISF.

Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Gegerbitung Samsul Arifin mengatakan Kecamatan Gegerbitung termasuk daerah paling rawan bencana. Selain topografi wilayah yang berbukit juga dilintasi Sesar Cimandiri.

Dari tujuh desa yang ada semuanya berpotensi terjadinya bencana. Seperti Desa Ciengang dan Desa Sukamanah berpotensi bencana pergerakan tanah dan longsor karena dipengaruhi keberadaan Sesar Cimandiri.

Baca Juga:Ratusan Ha Lahan Sawah Kekeringan *Dampak Kemarau Bisa MeluasMyRepublic Perluas Jangkauan ke 12 Area Baru, Termasuk Cianjur Sebagai Langkah Menuju Visi "Pride of Indonesia

Kemudian untuk Desa Caringin, Karangjaya, Buniwangi, Cijurey dan Gegerbitung rawan terjadi bencana angin puting beliung. Dengan ancaman terjadinya bencana yang tinggi pihaknya secara rutin memberikan edukasi dan sosialisasi khususnya kepada perangkat desa, termasuk pengurus RT, RW dan kedusunan.Dengan adanya simulasi yang digelar PMI diharapkan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu waspada dan tanggap terhadap bencana karena terjadinya bencana tidak bisa diprediksi kapan dan di mana. (ant)

Laman:

1 2
0 Komentar