BPBD Kota Sukabumi Bantu Penanganan Pascagempa di Bandung *Kirimkan Personel ke Lokasi

Ist
PASANG TENDA PENGUNGSI: Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Kota Sukabumi memasang tenda-tenda pengungsi korban gempa bumi bermagnitudo 5,0 di Kabupaten Bandung.
0 Komentar

SUKABUMI, Sukabumi.jabarekspres.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mengerahkan personel ke lokasi terdampak gempa darat bermagnitudo 5,0 di Kabupaten Bandung. Mereka membantu penanganan korban pascabencana.Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Novian Rahmat Taupik mengatakan, pengerahan personel di lokasi bencana dilakukan atas inisiatif untuk membantu penanganan pascabencana. Di lokasi, personel BPBD membantu penanganan, terutama kepada para korban. “Di lokasi kami juga membantu pemasangan tenda-tenda pengungsian,” kata Novian, belum lama ini.

Kondisi di lokasi sudah mulai terkendali. Karena itu, kata Novian, personel BPBD yang diperbantukan kembali ditarik ke Mako Penanggulangan Bencana di BPBD Kota Sukabumi.”Alhamdulillah, semua personel sudah kembali pulang. Kami tetap memantau perkembangan di lapangan. Sekiranya diperlukan, kami siap mengirimkan kembali personel di lokasi,” ucapnya.

Novian menuturkan, Kota Sukabumi merupakan salah satu wilayah rawan potensi ancaman gempa bumi. Meskipun tak dilintasi langsung patahan aktif Sesar Cimandiri, tapi akan merasakan dampaknya.

Baca Juga:Pasukan Elite PLN Siap Tingkatkan Keandalan Listrik Tanpa PadamPolisi Amankan Puluhan Etnis Rohingya di Sukabumi

“Patahan Cimandiri berada di wilayah Kabupaten Sukabumi yang berbatasan dengan Kota Sukabumi. Patahannya tidak langsung berada di area Kota Sukabumi. Tapi kewaspadaan dan kesiapsiagaan terus kami lakukan,” tutur Novian.

Bentuk kesiapsiagaan dilakukan dengan upaya koordinasi ke setiap aparatur wilayah di tingkat kecamatan dan kelurahan. BPBD menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat agar selalu waspada dan siaga ketika terjadi gempa bumi.

“Masyarakat harus berperan aktif saat gempa bumi terjadi. Mereka harus mampu mengamankan dan menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi, terutama berkumpul di area terbuka yang aman dari segala reruntuhan bangunan,” tegasnya. (ist)

0 Komentar