LIMA TAHUN KEPEMIMPINAN ERICK THOHIR, PLN UP3 SUKABUMI TERUS TUMBUHKAN BUDAYA SAFETY

Ist
İst
0 Komentar

Sukabumi, 11 Oktober 2024 – Sejak 2019, di bawah arahan Menteri BUMN Erick Thohir, PLN terus melakukan pengembangan infrastruktur dan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Selain memastikan pasokan listrik yang andal, PLN juga gencar melakukan kampanye terkait pentingnya keselamatan penggunaan listrik yang aman dan produktif.

Selama lima tahun terakhir di bawah kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sukabumi terus memperkuat komitmennya dalam menumbuhkan budaya keselamatan kerja atau safety culture. Langkah ini menjadi salah satu prioritas utama perusahaan dalam menjaga keandalan pasokan listrik sekaligus memastikan keselamatan para pekerja dan masyarakat.

Salah satu inisiatif utama yang dilakukan adalah melalui kegiatan Akademi Yantek yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan petugas lapangan termasuk dalam menerapkan prosedur keselamatan kerja secara konsisten. Inisiatif ini sejalan dengan transformasi yang telah dijalankan untuk mewujudkan PLN yang lebih andal, aman dan berorientasi pada keselamatan dan kesehatan kerja. Akademi Yantek sendiri merupakan program unggulan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat yang didesain untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan petugas Pelayanan Teknik (Yantek) yang dijalankan secara konsisten setiap bulannya.

Baca Juga:KPU Kota Sukabumi Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Bagi Segmen MarginalBawaslu Kota Sukabumi Temukan Dugaan Pelanggaran di Media Sosial

“Akademi Yantek merupakan sarana untuk melatih petugas pelaksana agar dapat bekerja sesuai dengan Standard Operation Procedure (SOP), Instruksi Kerja (IK) dan tidak melalaikan aspek Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) dan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3),” ungkap Yuniar Budi Satrio, Manager PLN UP3 Sukabumi. Ia menambahkan bahwa dengan menerapkan budaya K3 yang baik maka akan dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman dan produktif bagi semua pekerja.

Lebih lanjut Budi menyampaikan, “Kami berkomitmen untuk menjadikan keselamatan sebagai bagian dari nilai perusahaan. Dengan dukungan kebijakan yang kuat, PLN UP3 Sukabumi terus mengupayakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi seluruh pegawai serta masyarakat,” ujarnya.

Melalui kerja sama yang solid dan komitmen yang kuat, PLN UP3 Sukabumi optimis bahwa budaya keselamatan ini akan terus tumbuh dan menjadi bagian dari setiap aktivitas perusahaan, sehingga dapat terus memberikan pelayanan yang lebih baik dan aman kepada masyarakat khususnya di wilayah Sukabumi.Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar), Susiana Mutia menjelaskan, Program Akademi Yantek secara rutin dilakukan sebagai salah satu kegiatan yang diadakan untuk meningkatkan kompetensi petugas Pelayanan Teknik (Yantek) di masing-masing Unit PLN. Selain terkait dengan kompetensi petugas, tentunya diharapkan kegiatan ini akan berdampak secara langsung kepada kualitas pelayanan teknik di PLN.

0 Komentar