Potensi Panen Bawang di Desa Jayanti Capai 12 Ton

Potensi Panen Bawang di Desa Jayanti Capai 12 Ton
0 Komentar

PALABUHARATU – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi menyebut, potensi panen bawang merah di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi mencapai 12 ton per hektar (Ha).

Sekretaris Dinas (Sekdis) Pertanian Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska mengatakan, potensi ini diketahui setelah Distan panen bersama dilahan yang dikelola kelompok tani Karya Bhakti 2 di Desa Jayanti dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja pada Senin (25/10) lalu. “Kemarin kita bersama kelompok tani 2 panen bersama seluas satu hektare, hasil mencapai 12 ton,” ungkapnya kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (28/10).

Potensi panen tanaman yang tergolong kedalam hortikultura ini cukup besar, apalagi harga komoditas tersebut sedang tinggi pada saat ini. “Harga jual bawang merah saat ini Rp15 ribu sampai 18 ribu per kilogram,” tuturnya

Baca Juga:Dinkes Cabut Status KLB Keracunan MassalBulog Peduli Gizi Sambangi Warga Simpenan

Ia menjelaskan, kelompok tani karya bhakti 2 memiliki lahan pertanian bawang merah seluas 5 hektar. Apabila dikalkulasikan dengan potensi panen yang rata-ratanya mencapai 12 ton per Ha, maka Poktan ini dapat memanen bawang merah sebanyak 60 ton pada musim ini. “Semoga hasilnya bisa meningkatkan kesejahteraan para petani yang tergabung di Poktan Karya Bakti 2 ini,” singkatnya.

Perlu diketahui, kawasan Kecamatan Palabuhanratu dan Simpenan selama ini menjadi pusat pertanian bawang merah di Kabupaten Sukabumi. Petani di daerah ini memilih bercocok tanaman jenis bumbu dapur karena kontur tanah cukup memadai. Mereka mengandalkan kehidupannya dari hasil panen bawang merah. (mg1)

0 Komentar