Wisatawan ‘Serbu’ Situ Gunung

Situ Gunung Kembali Dibuka Wisatawan Langsung Coba Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara
Situ Gunung Kembali Dibuka Wisatawan Langsung Coba Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara
0 Komentar

KADUDAMPIT – Objek wisata Situ Gunung di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, sudah kembai dibuka bagi wisatawan sejak Senin (25/10). Pembukaan kembali objek wisata yang memiliki jembatan gantung (suspension bridge) terpanjang se-Asia Tenggara itu berdasarkan Surat Edaran Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Kemenparekraf) serta Surat Edaran Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

“Karena Kabupaten Sukabumi masih level 3, maka kapasitas pengunjung dibatasi hanya 25 persen,” kata Kepala Resort PTN Situgunung, Asep Suganda, kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (31/10).

Di lokasi diterapkan protokol kesehatan secara ketat. Setiap pengunjung wajib memakai masker, mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan, serta harus melalui QR Barcode PeduliLindungi, termasuk harus menunjukkan bukti sudah divaksin.

Baca Juga:Pelajar SD Tenggelam di Laut, Terseret Ombak Usai Bermain BolaDampak La Nina, Suhu di Sukabumi Lebih Dingin

Tingkat kunjungan pun sudah mulai terpantau menggeliat meskipun kapasitasnya masih dibatasi. Mereka berasal dari berbagai daerah. Namun kunjungan belum bisa dikatakan normal, sebab sebelum pandemi covid-19, jumlah kunjungan bisa mencapai ribuan orang.

“Sekarang, kalau hari biasa rata-rata jumlah pengunjung sebanyak 100-200 orang. Kalau akhir pekan rata-rata meningkat jadi 500-1.000 orang. Sejak Senin (25/10), jumlah kunjungan diakumulasi mencapai 2 ribuan orang,” tuturnya.

Asep menambahkan, pihaknya tidak ingin kecolongan dalam menerapkan protokol kesehatan. Objek wisata Situ Gunung memasang sistem QR Barcode PeduliLindungi di beberapa titik. “Sudah kita pasang di beberapa titik. Ada sekitar enam titik yang dipasangi QR Barcode PeduliLindungi,” terangnya.

Selain pengetatan prokes, kata Asep, bagi anak berusia di bawah 12 tahun belum diperbolehkan masuk. “Sesuai surat edaran Kemenparekraf anak dibawah 12 tahun masih tidak diperbolehkan karena belum divaksin,” pungkasnya.

Eli (40), wisatawan asal Jakarta, mengaku kedatangannya ke Situ Gunung sudah tadinya akan dilakukan awal bulan lalu. Namun rencana itu batal karena ia mendapat informasi, objek wisata Situ Gunung ditutup lantaran Kabupaten Sukabumi berada pada PPKM level 3.

“Tapi kami dapat info lagi sudah dibuka. Makanya kami langsung ke Sukabumi dari Jakarta. Penasaran ingin melihat wisata Situ Gunung,” pungkasnya. (mg2)

0 Komentar