Libatkan Pemuda pada Proses Pembangunan

Libatkan Pemuda pada Proses Pembangunan
INOVATIF: Bappeda Kota Sukabumi bekerja sama dengan SCH melaksanakan kegiatan Sukabumi Youth Planner Conference (SYPC).
0 Komentar

SUKABUMI- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Sukabumi (Bappeda) Kota Sukabumi bekerja sama dengan Sukabumi Creative Hub (SCH) melibatkan pemuda dalam proses pembangunan. Seperti dilakukan melalui kegiatan Sukabumi Youth Planner Conference (SYPC) yang digelar Jumat (26/11)-Minggu (28/11).

“SYPC 2021 ini merupakan kali ketiga kami selenggarakan,” ujar Plt Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah, kepada wartawan, kemarin (28/11).

SYPC merupakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) kekhususan. Jadi, sebelum masuk kick off meeting, dilakukan jaring aspirasi masyarakat yang dituangkan dalam dokumen Musrenbang kekhususan kalangan pemuda dan difabel. “Di forum ini digali apa sebetulnya dampak pembangunan dan kebutuhan yang diharapkan serta dituangkan dalam dokumen perencanaan,” ucapnya.

Baca Juga:Libatkan Pemuda dalam Pembangunan, Bappeda Gelar SYPCPemkab dan ADBS Peringati Hari Bambu Nasional

Mereka menyalurkan aspirasi dan diberikan pembekalan serta menyampaikan usulan program. Setelah itu para pemuda akan dibina dan akan menyampaikan aspirasi program secara berkelanjutan. Dalam hal ini pemerintah mendorong pemuda untuk turut serta membangun, karena komposisi umur mereka memberikan sumbangsih terbesar dalam pembangunan.

“Makanya, salah satu indikator kinerja pembangunan mengukur indeks pembangunan pemuda,” ungkapnya.
Ketua Komite Akselerasi dan Penataan Potensi Ekonomi Kreatif Kota Sukabumi, Rendy Irlian Kamase, menerangkan kegiatan SYPC 2021 diselenggarakan selama tiga hari yakni 26-28 November 2021.

“SYPC tahun ini mengangkat isu sektor teknologi informasi digital dengan melihat perkembangannya yang sangat pesat terutama pada masa pandemi covid-19,” tuturnya.

Tema SYPC 2021 yaitu Digital Innovation for Better Sukabumi. Konsepnya dirancang untuk memberikan kesempatan bagi warga Kota Sukabumi guna berkolaborasi untuk memecahkan isu-isu permasalahan kota, terutama pada bidang tata kelola pemerintahan, pariwisata, ekonomi kreatif, pertanian, dan lingkungan hidup melalui pendekatan teknologi informasi digital. “SYPC 2021 melibatkan 20 delegasi yang terpilih setelah melewati serangkaian proses seleksi pendaftaran,” pungkasnya. (job3)

0 Komentar