Optimalkan Implementasi OSS RBA, DPMPTSP Gelar Rakor

Optimalkan Implementasi OSS RBA, DPMPTSP Gelar Rakor
RAKOR : Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri saat sambutan pada acara Rakor Teknis tingkat Kabupaten Sukabumi dengan tema Percepatan Implementasi OSS RBA di Kabupaten Sukabumi di Hotel Santika, kemarin (1/12).
0 Komentar

CIKOLE – Pemerintah senantiasa mewujudkan iklim berusaha yang kondusif, diantaranya dengan meningkatkan kenyamanan pelayanan pengurusan perizinan melalui reformasi sistem perizinan usaha dengan prinsif mudah, murah, akuntabel dan cepat. Untuk merealisasikan kemudahan, saat ini telah diluncurkanlah sistem Online Single Submissin (OSS) Berbasis Risiko untuk mendorong gairah masyarakat berusaha serta mendongkrak investasi.

Pelayanan izin berusaha berbasis sistem OSS Risk Based Approoach (RBA) pun telah dilaksanakan Pemkab Sukabumi melalui Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang didukung perangkat daerah terkait khususnya yang memiliki hak akses dalam proses perizinan. Untuk memastikan prosesnya terlaksana dengan baik, DPMPTSP menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis tingkat Kabupaten Sukabumi dengan tema Percepatan Implementasi OSS RBA di Kabupaten Sukabumi di Hotel Santika, kemarin (1/12).

Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri mengatakan penerapan perizinan berbasis risiko memerlukan perubahan Paradigmatik. Yaitu, perubahan dan penyesuaian tata kerja ayanan Perizinan Berusaha. “Banyak persoalan yang harus dipecahkan dalam rakor ini, serta dibutuhkan kesepahaman dan komitmen lintas sektor selaku penyelenggara layanan perizinan berusaha berbasis OSS RBA agar menumbuhkan kepercayaan serta kepuasan public,” jelasnya.

Baca Juga:Kuatkan Sinergitas Tanggulangi HIV-AIDSWawan Dorong Pemda Ketercapaian 70 Persen Vaksinasi

Iyos menegaskan, bahwa digitalisasi perizinan berdasarkan analisis risiko bertujuan meningkatkan ekosistem investasi dan menjaga kualitas perizinan berusaha. Karena itu perangkat daerah yang memiliki hak akses harus memberikan pelayanan izin usaha dengan responsive, cepat, mudah dan terintegrasi.

Sementara Kepala DPMPTSP Kabupaten Sukabumi, Zainul menyampaikan bahwa pemerintah senantiasa mewujudkan iklim berusaha yang Kondusif dengan meningkatkan kemudahan pelayanan perizinan melalui sistem digitalisasi. “Perubahan sistem karena kemajuan teknologi adalah keniscayaan, kita semua harus beradaptasi, karena itu kita harus bersama sama mengimplementasikan OSS RBA untuk mendukung agenda bangsa yakni pemuljhan ekonomi nasional terutama pasca pandemi Covid-19,” kata dia menambahkan rakor yang dilaksanakannya sangat penting dan strsegis untuk membahas upaya bersama mengimplementasikan OSS RBA secara efektif dan memberikan hasil terbaik. (ist)

0 Komentar