10 SKPD Bersaing Menjadi yang Terbaik dalam Festival Inovasi

10 SKPD Bersaing Menjadi yang Terbaik dalam Festival Inovasi
0 Komentar

SUKABUMI – Berbagai inovasi terbaik dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan unsur masyarakat ditampilkan dalam festival inovasi yang digelar di halaman Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi, kemarin (9/13).

“Yang ditampilkan ini merupakan 11 terbaik dalam Innovative Government Award (IGA) Kota Sukabumi,”ujar Plt Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Reni Rosyida, saat ditemui di sela-sela acara, kemarin (9/13).

Reni menjelaskan, festival inovasi ini merupakan rangkaian dari tugas pokok Bappeda untuk mengkordinir dan memotivasi SKPD untuk membuat satu inovasi.

Baca Juga:Pemkot Sukabumi Gencarkan Gerakan Peduli DisabilitasWali Kota Tinjau Lokasi Kebakaran di Pasar Gudang

“Dalam RPJMD itu sudah disebutkan bahwa satu SKPD wajib membuat satu inovasi,”kata dia.

Reni melanjutkan, inovasi-inovasi yang ditampilkan dalam festival ini untuk memberikan contoh dan keteladanan bagi SKPD lain agar terpacu untuk terus berinovasi.

“Nah, inovasi ini kan ketika baik maka dapat ditiru oleh yang lainnya, sehingga kami pamerkan dalam kegiatan ini,”tandas nya.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi, Dida Sembada, mengatakan, lomba inovasi ini dilakukan Pemkot Sukabumi secara rutin. Lombanya, dilakukan dalam dua sesi yakni, lomba di provinsi dan loma yang dilakukan di tingkat kota oleh Bappeda.

“Yang Bappeda ini mengacu pada IGA Bappenas,” sebut dia.

Dida menuturkan, berbagai inovasi ini merupakan salah satu hikmah dari pandemi covid-19 yang terjadi. Dimana, sambung dia, dengan berbagai keterbatasan aktifitas yang dilakukan terlahir solusi pelayanan masyarakat melalui inovasi-inovasi yang dibuat oleh masing-masing SKPD.

“Selain itu, berbagai inovasi ini akan menjadi keunggulan Pemkot Sukabumi dengan berbagai keterbatasan nya, baik dari sisi SDM,SDA, dan keterbatasan anggaran,”ucap dia.

Dida menambahkan, berbagai inovasi tersebut merupakan yang terbaik di tahun 2021 dan sudah diterapkan di masing – masing SKPD.

Baca Juga:PPKM Level 3 Batal, Daerah Tetap Lakukan PengetatanTahun Depan, DED Pemindahan Pusat Pemerintah Selesai

“Ada juga inovasi yang datang dari masyarakat, kalau memang baik bisa saja kita terapkan sebagai pelayanan di Pemkot Sukabumi,”pungkasnya.(job3)

0 Komentar