Tanamkan Pendidikan Pemilu Sejak Dini

Tanamkan Pendidikan Pemilu Sejak Dini
PENDIDIKAN : Puluhan Pelajar Mts Muhammadyah saat berkunjung ke Kantor KPU Kota Sukabumi di Jalan Otista, kemarin (16/12)
0 Komentar

SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan pendidikan kepemilihan dan demokrasi sejak dini kepada para pelajar MTs Muhammadiyah I Kota Sukabumi, kemarin (16/12).

Komisioner KPU Kota Sukabumi, Agung Dugaswatra menuturkan, pengalaman pada masa usia remaja menjadi landasan dasar terbentuknya kepribadian seseorang dimasa mendatang. Sehingga, pendidikan Demokrasi pun perlu ditanamkan pada anak atau remaja sedini mungkin, terutama dalam mempersiapkan kader bangsa yang paham betul akan suatu sistem yang dipegang oleh negaranya. “Dengan diberikannya Pendidikan Demokrasi kepada siswa dan siswi ini diharapkan dapat memberikan bekal untuk mereka kelak membangun bangsa ini,” harap dia.

Lanjut Agung, sebetulnya mengamalkan nila- nilai demokrasi sudah dijalankan oleh para siswa di lingkungan sekolah. Seperti, dalam pemilihan ketua kelas dan ketua osis yang mereka lakukan. “Demokrasi merupakan aktivitas sehari hari, maka saya yakin setiap siswa pasti pernah melakukan praktek demokrasi di sekolah”sebut dia.

Baca Juga:‘Pelototi’ Pembangunan Alun-alun TerintegrasiLarang ASN Cuti saat Nataru

Komisioner KPU Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Ratna Istianah menambahkan, salah satu tujuan pendidikan pemilih berkelanjutan yakni untuk memberikan pemahaman terkait pemilu, pemilihan, dan demokrasi kepada calon pemilih pemula. “Sehingga pada saat pelaksanaan pesta demokrasi dan sudah memiliki hak pilih, mereka dapat berkontribusi penuh serta memahami betul akan nilai – nilai dari demokrasi itu sendiri,”kata dia.

Ratna menambahkan, para pelajar yang melakukan kunjungan ke kantor KPU berjumlah 30 orang. Mereka dibekali ilmu dan pemahaman dari para narasumber (Komisioner). Dalam kesempatan itu pun, para siswa diajak untuk melihat langsung Rumah Pintar Pemilu (RPP). “RPP ini merupakan tempat display, pusat pengetahuan dan informasi kepemiluan, serta tempat pendidikan pemilih untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu lebih,”pungkasnya. (Job3)

0 Komentar