Masuk Perairan Palabuhanratu, ABK Bakal Dites Covid-19

Masuk Perairan Palabuhanratu, ABK Bakal Dites Covid-19
PEMERIKSAAN : Sejumlah ABK saat Dites Covid-19 saat masuk Dermaga oleh UPP Kelas III Palabuhanratu
0 Komentar

PALABUHANRATU – Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi mendapat bantuan Genose C19 atau alat pendeksi Covid-19 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) Direktorat Perhubungan Laut. Alat hasil karya anak bangsa dari Universitas Gajah Mada (UGM) ini dipergunakan untuk mengetes Anak Buah Kapal (ABK) kapal angkut yang masuk ke Dermaga Pelabuhanratu.

Kepala UPP Palabuhanratu, Mastur mengatakan, hibah ini pada awalnya untuk mengetes kapal penumpang. Namun dialihkan bagi kapal barang karena tak ada kapal penumpang di Palabuhanratu.

“Kita bekerjasama dengan para agen kapal pengangkut batubara yang mensuplai kebutuhan PLTU, secara rutin kami akan melaksanakan pemeriksaan terhadap ABK yang datang untuk mencegah penyebaran Covid-19,” paparnya kepada Sukabumi Ekspres kemarin (20/12).

Baca Juga:Imbau Pejabat Pemkab Aktifkan Handpone 1×24 JamMimpi Karang Taruna Belum Terealisasi dengan Baik

Ia mengaku, telah melakukan uji petik Genose C19 beberapa waktu lalu dengan melibatkan staf kantor dan para agen pelayaran yang diikuti 30 orang peserta. “Semua peserta negatif, Hasil uji petik ini nantinya akan dilaporkan kepada Direktur Jenderal Perhubungan Laut,” terangnya.

Pengetesan Covid 19 mengunakan Genose C19 ini terbilang cukup cepat, karena hanya dalam hitungan detik hasilnya sudah dapat diketahui. “Alat ini sangat efektif untuk digunakan di dermaga Palabuhanratu,” jelas dia. (mg1)

0 Komentar