BPBD Kota Sukabumi Latih Para Relawan dari 11 Komunitas

BPBD Kota Sukabumi Latih
ANTUSIAS: Para relawan dari 11 komunitas di Kota Sukabumi antusias mengikuti pelatihan di kantor BPBD setempat. ( NURIA ARIAWAN/SUKABUMIEKSPRES )
0 Komentar

SUKABUMI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi memberikan pelatihan aksi siaga bencana kepada relawan kemanusiaan. Kegiatannya berlangsung sejak 23 Desember 2021 hingga berakhir Senin (3/1).

“Pelatihan ini merupakan bagian dari aksi siaga bencana selama libur Nataru (Natal dan Tahun Baru),” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardhana, kemarin (4/1).

Para relawan berasal dari PMI, Tagana, Sigab Persis, Bonyoks, Simpel, BKPB-PP, ACT Sukabumi, TBM, Siaga Sargurila, Saka Wira Kartika, dan TRC Gema Keadilan.

Baca Juga:Diduga Korsleting, Atap Bangunan SD Caringin Ngumbang Kota Sukabumi TerbakarArus Kendaraan di Belakang RS Bunut Semrawut, Dishub Menduga Lahan Parkir Belum Tertata

Jumlah peserta dari 11 komunitas relawan itu sebanyak 19 orang. Materi pelatihannya menyangkut peralatan-peralatan keselamatan dan orientasi tentang kebencanaan secara teori dan praktik.

“Mereka sekarang itu sudah masuk tergabung dalam pojok relawan. Bertambahnya sumber daya manusia (SDM), potensi penanggulangan bencana di Kota Sukabumi pun naik juga,” ujarnya.

BPBD juga meningkatkan kapasitas dan kemampuan para relawan. Mereka nantinya diharapkan menjadi garda terdepan saat penanggulangan kebencanaan. “Mereka merupakan agen yang memberikan informasi lokasi bencana di Kota Sukabumi,” ungkapnya.

Para relawan sudah dilatih merespon, pencarian pertolongan, evakuasi, dan penyelamatan saat terjadi bencana. Termasuk pascabencana dengan merehabilitasi serta merekonstruksi kerusakan bangunan. “Mereka kita libatkan ikut piket agar bisa merasakan atmosfernya,” pungkasnya. (mg2)

0 Komentar