Dinsos Kota Sukabumi Bentuk Kampung Siaga Bencana, Tingkatkan Kesiapsiagaan dan Penanganan Kebencanaan

Dinsos Kota Sukabumi Bentuk
RAWAN: Kota Sukabumi merupakan salah satu daerah rawan bencana alam. Karena itu, Dinsos akan segera membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) di setiap kelurahan.
0 Komentar

SUKABUMI – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi akan segera membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) yang bekerja sama dengan Kementerian Sosial.

Tujuannya, meningkatkan kesiapsiagaan dan penanganan bencana di kalangan masyarakat.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Sukabumi, Abdul Muiz, menjelaskan KSB akan dibentuk di setiap kelurahan di Kota Sukabumi. “Kita akan bentuk SKB ini di 33 kelurahan,” ujar Muiz, kemarin (6/1).

Melalui program KSB akan disosialisasikan upaya penanggulangan bencana dan wawasan kesiapsiagaan serta penanganan bencana alam kepada masyarakat.

Baca Juga:Ketua MUI Wafat, Sukabumi Kehilangan Sosok Ulama KarismatikSekda Bahas Kerjasama Pengelolaan Sampah

“Dengan sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat dapat lebih waspada ketika menghadapi bencana,” ucapnya.

Selain itu, KSB juga bertujuan untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana. Dengan demikian, KSB bisa menjadi pendorong penanggulangan bencana berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia. “Intinya lebih kepada upaya penanggulangan kebencanaan berbasis masyarakat,” sebutnya.

Saat ini Dinsos terus melaksanakan berbagai program  kegiatan penanganan masalah sosial. Di antaranya dengan  penanganan gelandangan dan pengemis srta penyaluran bantuan untuk warga yang membutuhkan alat bantu bagi kalangan disabilitas. “Kegiatan penjangkauan ini melibatkan Tagana Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi. Penjangkauan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan dua kali dalam seminggu,” pungkasnya. (job3)

0 Komentar