Bappeda Kota Sukabumi Siapkan 11 Program Strategis

Bappeda Kota Sukabumi
Reni Rosyida Muthmainnah Kepala Bappeda Kota Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi menyiapkan 11 program strategis tahun ini. Penentuan program strategis itu didasari pertimbangan kriteria dasar, strategis, dan operasional.

“Dari tiga kriteria tersebut kita bikin ranking dan skoring. Dari proses itu kita tetapkan ada 11 proyek strategis,” kata Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah, ungkapnya.

Program strategis tersebut yakni rumah tidak layak huni (rutilahu), peningkatan dan rehabilitasi jalan, penataan Cipelang Herang, penerangan jalan umum (PJU), jalur pedesterian, P2RW, pembangunan wisata Rengganis, pembangunan SPAL terpusat skala kota, penerimaan bantuan iuran (PBI) BPJS, dan rehabilitas SD/SMP. Kegiatan-kegiatan tersebut memiliki sumber anggaran dari DAK, APBD, APBN, dan bantuan keuangan dari Pemprov Jabar.

Baca Juga:Sampah Spesifik di Kota Sukabumi Dibuang Sembarangan, Kesadaran Warga Jaga Lingkungan dan Kebersihan Masih MinimBersama Kita Bangun dan Jaga Palabuhanratu

“Proyek strategis ini kita lihat dari nilai invetasi yang dikeluarkan di atas Rp1 miliar dan dilakukan skoring berdasarkan tiga kriteria,” tuturnya.

Rutilahu berada pada ranking paling atas. Alasannya, program tersebut memiliki kesesuaian dengan kriteria dasar paling kuat dan dampak yang besar bagi masyarakat dari sisi perekonomian, sosial, dan lingkungan.
“Kemungkinan ada sekitar 500 unit rutilahu yang akan kita perbaiki tahun ini. Sumber anggarannya dari APBD Kota Sukabumi dan DAK,” pungkasnya. (job3)

0 Komentar