Korban Keracunan Bertambah *58 Orang Berangsur Pulih, 5 Orang Masih Ditangani Intensif

Korban Keracunan Bertambah
PERAWATAN: Sebagai korban keracunan di lingkungan Khalifah Boarding School di Desa Cijengkol Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi masih ditangani tim medis.
0 Komentar

CARINGIN – Kasus keracunan massal diduga akibat makanan di lingkungan Khalifah Boarding School, Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin,PERAWATAN: Sebagai korban keracunan di lingkungan Khalifah Boarding School di Desa Cijengkol Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi masih ditangani tim medis.

Kabupaten Sukabumi, bertambah. Saat ini korban mencapai 63 orang.

“Sekarang korban dugaan keracunan ada 63 orang. Semula korban hanya 30 orang,” terang Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Caringin, Ahmad Badrujaman, kemarin (24/1).

Mereka terdiri dari santri laki-laki sebanyak 2 orang, santri perempuan (santriwati) sebanyak 18 orang, ustaz 1 orang, dan ustazah 2 orang. Sebelumnya korban terdiri dari 28 orang santri dan 2 orang ustaz.

Baca Juga:Lembursitu Usulkan Pembangunan Sektor WisataKepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi : Cetak KK Bisa Dilakukan Sendiri

Ahmad menambahkan, dari 63 orang yang mendapat perawatan, sebanyak 58 orang kondisinya berangsur pulih. Saat ini mereka sudah kembali ke masing-masing asrama. “Terdapat 5 orang santri yang masih mendapat perawatan tim medis Puksesmas dengan cara diberikan cairan infus,” tuturnya.

Kelima orang santri itu yakni Fatir (12), Fauzan (12), Rafli (13), Fahri (15), dan Syauqi (15). Kelima orang santri masih dalam pengawasan dan penanganan medis Puskesmas Caringin.

Pihak Khalifah Boarding School dan Puskesmas Caringin melakukan pendataan dan pemeriksaan sesuai SOP terkait sample bahan makanan, berupa sayur sawi, telur, tahu, ikan tongkol, dan nasi. Lalu air konsumsi galon dari depot dan air bersih dari sumber sumur gali.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 28 santri dan 2 orang ustaz Khalifah Boarding School di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi diduga mengalami keracunan, Minggu (23/1) sekitar pukul 08.00 WIB. Dugaan sementara, pemicu keracunan seusai mereka menyantap makanan yang disiapkan pihak sekolah pada Sabtu (22/1) malam.

Kejadian berawal dari 80 santriawan dan santriwati melaksanakan makan malam di ruang makan. Pada Sabtu malam sekitar pukul 21.30 WIB, sejumlah santri mengalami mual, pusing, dan buang air besar.

Melihat kondisi itu, Kepala Sekolah Khalifah Boarding School, Hendra, berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas Caringin, Ade Rahman. ‘Sekitar pukul 08.00 WIB, petugas Puskesmas Caringin tiba di lokasi untuk melakukan evakuasi dan penanganan kepada santri yang mengalami keluhan.

0 Komentar