PKL Harun Kabir Bongkar Sendiri Lapak, Wali Kota Apresiasi Inisiatif Pedagang

PKL Harun Kabir Bongkar
INISIATIF: Para PKL di Jalan Harun Kabir Kota Sukabumi berinisiatif membongkar sendiri lapak dagangan mereka, kemarin. Pembongkaran merupakan bagian dari penertiban untuk menormalisasi akses ke Pasar Pelita. ( NURIA ARIAWAN/SUKABUMI EKSPRES )
0 Komentar

JL HARUN KABIR – Penertiban pedagang kali lima (PKL) di sejumlah titik ruas jalan di Kota Sukabumi masih berlangsung sebagai salah satu upaya mengaktifkan Pasar Pelita yang mulai beroperasi. Kemarin (16/2), penertiban dilakukan di ruas Jalan Harun Kabir.

Upaya penertiban berlangsung kondusif. Para pedagang ternyata berinisiatif membongkar sendiri lapak dagangan mereka. Kondisi itu diapresiasi Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, yang meninjau langsung ke lokasi.

“Kami ucapkan terima kasih atas kerja sama para PKL di Jalan Harun Kabir yang membongkar sendiri lapak mereka. Petugas gabungan sifatnya membantu dan mengawasi,” kata Fahmi kepada wartawan di sela normalisasi PKL di Jalan Harun Kabir, kemarin.

Baca Juga:Pencegahan Risiko Stunting di Kota Sukabumi Sasar Kalangan RemajaPelaporan Kekerasan Sudah Cukup Baik, P2TP2A Kota Sukabumi Siap Advokasi dan Pendampingan

Sesuai rencananya, para PKL yang berjualan di tujuh titik ruas jalan akan direlokasi ke Pasar Pelita. Pihak pengembang pun sudah memberikan keringanan dan kemudahan bagi para pedagang mendapatkan kios.

“Kalau memang nilai Rp6,5 juta itu masih ada yang keberatan, silakan komunikasi. Jadi yang terpenting itu ada komunikasi antara PKL dengan pengembang Pasar Pelita. Jangan sampai PKL menganggap mahal, tapi tidak ada komunikasi. Jadi kuncinya komunikasi. Pasti ada solusi,” ujarnya.

Taufik Hidayatullah (31), PKL di Jalan Harun Kabir, mengatakan pembongkaran lapak dagangannya atas inisiatif sendiri. Sebelumnya ia sudah menerima surat pemberitahuan dari pemerintah. “Tapi sementara ini belum pindah ke Pasar Pelita karena belum punya uang untuk mengambil kios. Kalau sudah ada rezekinya pasti akan pindah ke Pasar Pelita,” terang Taufik.

Usai mengawasi penertiban lapak PKL di Jalan Harun Kabir, Fahmi bersama unsur Forkopimda meninjau aktivitas pedagang yang sudah berjualan di Pasar Pelita. Peninjauan dilakukan untuk memastikan aktivitas pedagang bisa berjalan aman, lancar, dan nyaman. “Dari pantauan, sudah banyak pedagang yang berjualan di dalam pasar,” sebut Fahmi didampingi Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy Zainal Abidin. Pedagang yang mulai berjualan di antaranya meliputi sayuran, daging sapi, daging ayam, ikan, dan pakaian. Fahmi pun berbincang dengan sejumlah pedagang sekaligus memberikan semangat. (mg2/rls)

0 Komentar