Sebanyak 20 Sekolah Bersaing pada Lomba GPBLHS

Sebanyak 20 Sekolah Bersaing
SOSIALISASI: Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi melaksanakan sosialisasi Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) (FOTO : ISTIMEWA)
0 Komentar

SUKABUMI – Sebanyak 20 sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Sukabumi akan bersaing pada lomba Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) atau sebelumnya disebut Adiwiyata. Dari sekolah tersebut, ada yang baru mengikutinya di tingkat daerah, ada yang di tingkat provinsi, bahkan di tingkat nasional.

“Sosialisasi GPBLHS atau Adiwiyata sudah kami lakukan bebeapa waktu lalu ke 20 sekolah yang mengajukan untuk ikut lomba ini,” kata Kepala Bidang Penataan dan Penataan Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup (P4LH) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, Firman Taufik, kepada wartawan, kemarin (28/2).

Setelah digelar sosialisasi, DLH akan membimbing setiap sekolah tentang mekanisme pengisian aplikasi Adiwiyata baik untuk tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Di luar itu, DLH Kota Sukabumi pun berharap agar pihak sekolah yang baru mengikuti lomba dapat mencari informasi kepada sekolah lain yang telah menyandang predikat sekolah Adiwiyata.

Baca Juga:Saat Sholat Subuh di Masjid, Muadzin Asal Desa Cijurey Gegerbitung Dibacok Orang Tidak DikenalBPBD Salurkan 1000 Paket Bantuan Kepada Korban Banjir dan Longsor di Baros Kota Sukabumi

“Yang harus diperhatikan di antaranya menyangkut komitmen, rencana program kegiatan, dan pelaksanaannya,” terangnya.

Hasil dari kegiatan GPBHLS atau Adiwiyata adalah agar semua sekolah dapat menjalankan perilaku dan tanggung jawab dalam upaya melestarikan fungsi lingkungan hidup dan peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah.

“Kegiatan GPBHLS di sekolah di antaranya mengelola sampah mandiri mulai dari pemilahan serta membuat pupuk kompos dengan menjalankan pula progam 3R. Kita juga berharap pemberian pengetahuan GPBHLS kepada siswa berdampak pula terhadap lingkungan di rumah dan sekitarnya,” pungkasnya.

Program Adiwiyata telah berjalan di Kota Sukabumi sejak 2006. Hingga 2021, sebanyak 13 sekolah telah berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri, 11 sekolah berpredikat Adiwiyata tingkat nasional, 14 sekolah Adiwiyata tingkat provinsi, dan 18 Adiwiyata tingkat kota. (job3)

0 Komentar