Santri Lemka Donorkan Darah

Santri Lemka
DONOR DARAH: Para santri Pesantren Alquran Lemka Kota Sukabumi mendonorkan darah mereka untuk membantu mencukupi kebutuhan. ( Foto : Nuria Ariawan )
0 Komentar

SUKABUMI – Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi melaksanakan donor darah di Pondok Pesantren Kaligrafi Alquran atau Lemka, kemarin (17/3).

Kegiatan itu merupakan upaya membantu memenuhi kebutuhan darah menjelang Ramadan yang biasanya akan mengalami kekurangan.

“Kami sudah dua kali melaksanakan donor darah. Ini untuk membantu memenuhi kebutuhan stok arah di PMI karena kalau Ramadan biasanya mengalami kekurangan,” kata Ketua PMI Kecamatan Gunungpuyuh, Ika Yatmika Rahayu, kepada Sukabumi Ekspres, kemarin.

Baca Juga:Pembahasan Raperda PBG Batal, Tak Disetujui Biro Hukum Pemprov JabarTak Mudah Menanggulangi Kemiskinan

Sasarannya para santri di pesantren tersebut sebanyak 55 orang. Namun dari hasil screening, hanya 41 orang yang memenuhi syarat karena beberapa di antara mereka tensi darahnya kurang.

“Masih banyak saudara-saudara kita yang sekarang membutuhkan darah, baik itu yang terpapar covid-19 maupun yang mengalami demam berdarah,” ujarnya.

Ketua Bidang Diklat Ponpes Kaligrafi Alquran, Hilmi Munawar, mengatakan donor darah merupakan kegiatan rutin. Biasanya para santri melakukannya 3 bulan sekali.

“Sebelumnya, PMI Kecamatan Gunungpuyuh itu menghubungi kami. Mereka menginformasikan sudah saatnya santri melaksanakan kembali dono darah,” ucapnya.

Kabid Pelayanan Donor Darah UDD PMI Kota Sukabumi, Zanuar Ahmad Hikmah, mengajak masyarakat ikut berpartisipasi mendonorkan darah mereka, terutama menjelang Ramadan. “Bagi yang sudah waktunya mendonorkan darah, bisa langsung datang ke UDD PMI Kota Sukabumi,” singkatnya. (mg2)

0 Komentar