Marwan Monitoring Pilkades di Sejumlah Desa

Marwan Monitoring Pilkades
MONITORING : Bupati Sukabumi, Marwan Hamami saat meninjau pelaksanaan Pilkades serentak siklus II gelombang I tahun 2022 di Kabupaten Sukabumi, kemarin (8/5). ( FOTO : ISTIMEWA )
0 Komentar

GUNUNGPUYUH – Bupati Sukabumi, Marwan Hamami meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak siklus II gelombang I tahun 2022 di Kabupaten Sukabumi, kemarin (8/5).

Pelaksanaan monitoring tersebut, didampingi Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin, Dandim 0607 Sukabumi Letkol (inf) Dedy Ariyanto, dan sejumlah kepala perangkat daerah. Monitoring juga dilaksanakan Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri dan Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman ke sejumlah desa.

BACA JUGA : Brimob Polda Jabar Bantu Amankan Pilkades

Adapun pelaksanaan peninjauan yang dilakukan, Marwan, dimulai dari Desa Cibentang di Kecamatan Gunungguruh, Padaasih, Nagrak, Sukamanah, dan Sukaresmi di Kecamatan Cisaat. Peninjauan berlanjut ke Desa Cimangkok di Kecamatan Sukalarang.

Baca Juga:Brimob Polda Jabar Bantu Amankan PilkadesTiga Orang Meninggal Dunia, 39 Orang Selamat

Marwan mengatakan, pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Sukabumi berjalan kondusif. Selain itu, partisipasi masyarakat dalam perhelatan tersebut relatif tinggi. “Sejauh ini berjalan lancar. Bahkan sejumlah desa yang kita pantau hingga pukul 10.00 WIB, partisipasi masyarakat dalam memilih sudah ada yang melebihi 80 persen,” ujarnya.

Marwan berharap, seluruh kegiatan pilkades serentak ini bisa berjalan aman. Apalagi, pilkades serentak ini menjadi tolak ukur nasional. “Kita berharap, kegiatan ini berjalan aman. Maka dari itu, masyarakat pendukung setiap calon harus menghargai satu sama lain. Menang dan kalah di pesta demokrasi hal yang biasa. Jangan sampai, pesta demokrasi ini menimbulkan ekses dikemudian hari,” ucapnya.

Maka dari itu, Marwan berpesan masyarakat harus mendukung siapapun calon kepala desa yang menang nantinya. Apalagi, desa merupakan ujung tombak pemerintah di tingkat bawah. Sehingga, peran kepala desa sangat penting. “Kepala desa yang menang, nantinya harus bisa membangun wilayahnya. Masyarakat pun, harus ikut berpartisipasi dalam membangun desa” ungkapnya.

BACA JUGA : Tiga Orang Meninggal Dunia, 39 Orang Selamat

Selain itu, kepala desa terpilih harus menggali potensi yang dimiliki di wilayahnya. Sehingga, potensi yang ada bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Program yang disampaikan ke masyarakat harus bisa direalisasikan dalam aksi nyata,” bebernya.

Usai monitoring secara langsung, Marwan pun meninjau secara daring pelaksanaan pilkades di semua desa. Untuk diketahui, pelaksanaan pilkades serentak kali ini, diikuti 70 desa yang tersebar di 36 kecamatan se Kabupaten Sukabumi. (mg1)

0 Komentar