Targetkan Kategori Utama APE

Targetkan Kategori Utama APE
RAKOR : Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman menghadiri Rakor Kelompok Kerja PUG Kabupaten Sukabumi tahun 2022 di Gedung Pendopo Sukabumi, Selasa (7/06) ( FOTO : ISTIMEWA)
0 Komentar

PENDOPO – Sekda  Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender ( PUG ) Kabupaten Sukabumi tahun 2022 di Gedung Pendopo Sukabumi, Selasa (7/06)

Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi, Eki Radiana Rizki menyatakan rakor yang dilaksanakannya bertujuan untuk membangun kesamaan persepsi dan mengoptimalkan  pengambilan kebijakan mewujudkan kesetaraan gender, hal itu terkait upaya meraih  Anugerah Parahita Ekapraya ( APE ) 2022.

Diketahui, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan anak setiap dua tahun sekali memberikan  penghargaan kepada kementerian, lembaga pemerintah, non kementerian, Pemerintah Provinsi, serta Kabupaten/ Kota atas komitmennya dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, melalui strategi PUG,  penghargaan disebut Anugrah Parahita Ekapraya. “Hasil yang ingin dicapai dalam rakor ini yaitu meningkatkan komitmen para pengambil kebijakan di Kabupaten Sukabumi dalam strategi PUG terkait penghargaan APE 2022,” kata dia.

Baca Juga:Puluhan ASN Pemkab Sukabumi DilantikPerilaku Warga Buang Sampah Sembarang Masih Tinggi

Tahun 2016 dan 2020 lalu, Sebelumnya, Kabupaten Sukabumi masuk kategori Madya. Ia berharap di tahun ini masuk katagori utama, karena itu dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi  dari seluruh stekholder.

Sementara Ade Suryama dalam arahanya  menyebutkan bahwa PUG  adalah strategi untuk mengintegrasikan perspektif berbasis gender dalam pengembangan institusi kebijakan dan program kerja termasuk didalamnya disain dan pelaksanaan perencanaan, penganggaran, monitoring dan evaluasi program kegiatan pembangunan. “Strategi PUG dapat dilakukan melalui jalinan kerjasama dengan unsur penthahelix seperti Perguruan Tinggi, Dunia Usaha, Lembaga Masyarakat, Pemerintah, juga insan Media” ungkapnya

Rangkaian strategi itu, lanjut Ade, disusun berdasarkan wawasan, Kesadaran Kritis, dan data yang diperoleh dari analisis gender. “PUG juga menawarkan kerangka definisi dasar dan konsep konsep kunci  mengusulkan prinsip prinsip aksi dan menguraikan garis tanggung jawab untuk mengarusutamakan gender didalam seluruh program kegiatan” tambahnya

Ade berharap dengan Kerjasama dan Kolaborasi dari seluruh Stekholder terkait bisa meraih hasil yang baik dari Katagori Madya menjadi katagori  Utama dalam Penilaian Anugrah Parahita Ekapraya (IST).

0 Komentar