Rumah Warga di Gegerbitung Nyaris Ambruk Tergerus Longsor

Rumah Warga di Gegerbitung Nyaris Ambruk Tergerus Longsor
BENCANA ALAM : Satu unit rumah milik warga di Kampung Cipariuk, RT03 RW01, Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung, nyaris ambruk tergerus longsor, Rabu malam (13/7)
0 Komentar

GEGERBITUNG – Satu unit rumah milik warga di Kampung Cipariuk, RT03 RW01, Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi nyaris ambruk tergerus longsor, Rabu malam (13/7) sekitar pukul 20.00 WIB.

Manajer Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Nanang Sudrajat, mengatakan tebing longsor berawal saat terjadi hujan deras. Tiba-tiba tebing di belakang rumah Riki Febrian (35) longsor, sehingga mengakibatkan rumah panggung berukuran 6×6 meter yang dihuni satu keluarga dengan empat jiwa itu pada bagian belakangnya ikut tergerus matrial longsoran.

“Batu tatapan atau batu penyangga rumah roboh, bagian dalam rumah juga ikut tergerus dan roboh,” ujar Nanang dalam keterangannya, Kamis (14/7).

Baca Juga:Pemkab Komitmen Menurunkan Angka StuntingRambu Lalin di Jalur Geopark Hilang Dicuri

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini, namun berdasarkan informasi dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Gegerbitung penghuni rumah harus mengungsi ke tempat tinggal saudara terdekatnya yang lebih aman. “Jadi bagian belakang terseret longsoran, membuat bangunan rumah nyaris roboh semuanya,” jelasnya.

Untuk kondisi saat ini, sambung Nanang, petugas di lapangan bersama unsur terkait lainnya seperti perangkat desa, kecamatan, koramil, Polsek, Satpol-PP dan relawan sedang melakukan asesmen dan pendataan.

“Sebagai upaya penanganan sementara, petugas memberikan imbauan ke masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. Untuk kebutuhan mendesak penanganan selanjutnya material bahan bangunan untuk memperbaiki rumah yang rusak,” pungkasya. (Mg2).

0 Komentar