Tetap Waspadai Potensi Bencana! *Kurun 6 Bulan Terjadi 106 Kejadian

Tetap Waspadai Potensi Bencana! *Kurun 6 Bulan Terjadi 106 Kejadian
TANAH LONGSOR: Seorang warga melintas pada material tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar.
0 Komentar

CIKEMBAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat sebanyak 106 bencana terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bencananya terjadi kurun enam bulan terakhir, terhitung Januari-Juni 2022.

“Mayoritas bencana yang terjadi di Kabupaten Sukabumi hingga pertengahan 2022 disebabkan oleh cuaca ekstrem yang didominasi bencana tanah longsor,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Sukabumi Wawan Godawan di Sukabumi, Minggu (17/7).

Bencana tersebut terdiri dari 6 kali kebakaran, 74 kali tanah longsor, 8 kali banjir, 12 kali angin kencang atau puting beliung, dan 6 kali pergerakan tanah.

Baca Juga:Pemkab Sukabumi Dorong Produktivitas PertanianKetua DPRD Optimis Bisa Membawa Atlit Pencak Silat Berprestasi

Menurut Wawan, dampak dari bencana itu menyebabkan 54 rumah rusak, 61 rumah terancam dan 39 unit fasilitas umum dan sosial rusak. Sementara itu, 585 jiwa dari 179 kepala keluarga (kk) terdampak, 147 jiwa mengungsi dan satu luka akibat bencana tersebut. Bencana tersebut juga mengakibatkan kerugian materiil sebesar Rp600 juta.

Ia menambahkan selama Juli, BPBD juga mencatat beberapa kejadian bencana di kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini. Di antaranya gelombang tinggi, longsor, banjir, kebakaran, dan lain.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, apalagi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengingatkan wilayah Kabupaten Sukabumi akan dilanda hujan deras atau cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan.

“Warga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas yang bisa memicu terjadi bencana ataupun beraktivitas di lokasi rawan. Jika terpaksa melaksanakan kegiatan di daerah yang potensi bencananya tinggi maka harus meningkat kewaspadaan,” tambahnya. (ANTARA)

Info Grafis

*Jenis bencana
– Kebakaran 6 kali
– Tanah longsor 74 kali
– Banjir 8 kali
– Puting beliung 12 kali
– Pergerakan tanah 6 kali

*Dampak bencana
– 54 unit rumah rusak
– 61 unit rumah terancam
– 39 unit fasilitas umum dan sosial rusak

*Warga terdampak
– 179 kepala keluarga (585 jiwa)
– 147 jiwa mengungsi
– 1 orang terluka

Sumber: BPBD Kabupaten Sukabumi
Periode Januari-Juni 2022

0 Komentar