TNI AL Tanam Pohon Mangrove dan Sebar Benih Ikan

TNI AL Tanam Pohon Mangrove dan Sebar Benih Ikan
PENANAMAN : Danlanal Bandung, Kolonel Laut (KH/W) Renny Setiowati dan Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri melakukan penanaman Pohon Mangrove di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Selasa (26/7).
0 Komentar

CIEMAS – TNI Angkatan Laut (AL) melakukan penanaman Pohon Mangrove dan menabur Ribuan Benih Ikan di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Selasa (26/7). Kegiatan ini dilakukan secara serentak di 77 Lokasi di Indonesia, dimana salah satunya di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan data yang diperoleh, pohon mangrove yang ditanam di atas lahan seluas satu hektare ini ada sebanyak 5000 bibit. Sedangkan benih ikan yang ditabur ada sebanyak 5000 ekor.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Renny Setiowati mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Khususnya untuk ketahanan pangan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat. “Sudah tentu, nantinya akan terbentuk ekosistem yang bisa dimanfaatkan untuk segala kebutuhan masyarakat sekitar,” bebernya.

Baca Juga:Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi : KLA Salah Satu Sarana Mempersiapkan Generasi Penerus TerbaikKIB Disarankan Usung Capres dari Internal, Bukan Orang Luar

Maka dari itu, kata Renny, kegiatan ini pun sebagai bentuk kepedulian TNI AL terhadap lingkungan sekitar. Terutama, dalam membantu mengurangi pemanasan global. “Pasca penanaman ini, kedepannya kita akan senantiasa berkoordinasi dengan pemda untuk melakukan perawatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri mengaku bangga atas inisiasi penanaman mangrove yang dilaksanakan TNI AL di wilayahnya. Pasalnya, keberadaannya sangat bermanfaat. “Kami sangat mengapresiasi atas inisiasi kegiatan ini, tak hanya mangrove saja yang ditanam TNI AL. Namun ada juga bibit ikan yang ikut disebar, tentunya ini akan menambah keberagaman ekosistem di sekitar area ini,” ungkapnya.

Pasca penanaman ini, Pemkab Sukabumi berkewajiban untuk merawatnya. Termasuk merencanakan dan memprogramkan program ke penanaman mangrove ke depannya. “Masyarakat pun bisa memanfaatkan tanpa merusaknya,” ujarnya. (ist)

0 Komentar