Belum Lama Diresmikan, Bangunan TPT Ambrol

Belum Lama Diresmikan, Bangunan TPT Ambrol
0 Komentar

JL MERBABU – Bangunan tembok penahan tanah (TPT) Teras Cipelang Herang di Jalan Merbabu, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi ambrol tergerus arus Sungai Cipelang, belum lama ini. Padahal, belum lama ini kawasan tersebut baru saja diserah terimakan sementara dari Kementerian PUPR ke Pemkot Sukabumi.

Ambrolnya bangunan TPT dipicu tingginya intensitas curah hujan akhir-akhir ini. Arus deras dan tingginya debit aliran sungai membuat konstruksi bangunan TPT terkikis hingga akhirnya ambrol.

Fungsional Tata Bangunan dan Perumahan Dinas PUTR Kota Sukabumi, Hendry Yoswata, mengaku sudah berkoordinasi dengan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Barat dan penyedia jasa serta pihak ketiga yang ditunjuk untuk membangun Teras Cipelang Herang. Selain itu, kata Hendry, pemeliharaan pembangunan kawasan Teras Cipelang Herang tersebut hingga Mei 2023 masih menjadi tanggung jawab penyedia jasa.

Baca Juga:Dinsos Kota Sukabumi Latih KPM Agar Hidup MandiriDinsos Salurkan Donasi Udunan Online Bagi Warga Kelurahan Benteng

“Kami bersama pihak terkait sudah melakukan peninjauan ke lokasi. Namun, hingga saat ini belum ada informasi kapan akan dilakukan perbaikan. Pemeliharaan masih menjadi tanggung jawab penyedia jasa,” ungkap Hendry kepada wartawan, kemarin (18/12).

Hendry enggan berkomentar soal kualitas pembangunan Teras Cipelang Herang. Namun, sebelum adanya serah terima pembangunan tersebut, Pemkot Sukabumi terlebih dulu akan melakukan pengecekan kesesuaian spesifikasi bangunan.

“Nanti akan dilakukan pengecekan bareng dengan pihak balai untuk memastikan sesuai atau tidaknya spesifikasi yang ada sebelum dilakukan serah terima. Kemarin baru serah terima sementara, artinya pembangunan tersebut agar segera bisa dimanfaatkan,” tandasnya.

Teras Cipelang Herang dibangun sejak 2020. Biayanya bersumber dari anggaran Kementerian PUPR sebesar Rp13,9 miliar. Pembangunan dilakukan dalam program penataan kawasan kumuh di Kota Sukabumi. Setelah selesai pembangunannya tahun ini, dilakukan serah terima pengelolaan sementara dari Kementerian PUPR ke Pemkot Sukabumi melalui Dinas PUTR setempat. (mg2)

Nuria Ariawan

0 Komentar