BPD Kades Harus Kuatkan Sinergitas dan Kolaborasi

BPD Kades Harus Kuatkan Sinergitas dan Kolaborasi
0 Komentar

PALABUHANRATU – Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman membuka Silaturahmi Pengurus dan Rakerkab Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Sukabumi di Aula Hotel Cleopatra Palabuhanratu, Rabu (28/12).

Kegiatan bertema Optimalisasi Peran DPC untuk menumbuhkembangkan Sumber Daya BPD menuju Optimalisasi peran dan fungsi BPD untuk lebih berdaya dan Maju ini bertujuan untuk menguatkan peran organisasi sampai dengan lapisan paling bawah, yaitu peran anggota BPD dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan peraturan perundangan.

Selain itu untuk melakukan refleksi dan menyampaikan laporan terkait dengan program-program kerja yang telah dilaksanakan oleh DPC Kabupaten Sukabumi Tahun Anggaran (TA) 2022 dan sekaligus membahas rencana program kerja tahun 2023.

Baca Juga:Puluhan Group Drum Band Unjuk Kemampuan dalam Bupati CupOrari Sukabumi Punya Kepengurusan Baru

Ade menyatakan bahwa Rakerkab ABPEDNAS harus dijadikan momentum untuk memunculkan gagasan serta konsep-konsep yang berkaitan dengan optimalisasi peran dan kapasitas BPD.

“Semoga dengan kegiatan ini bisa menghasilkan gagasan baru dalam mendukung kinerja kepala desa melalui sinkronisasi antara BPD dengan kepala desa,” jelasnya.

Ade meminta BPD untuk berperan aktif dalam proses perencanaan, mulai dari RPJMDES penyusunan APBDesa dan merumuskan program kerja tahun 2023.

“Saya minta BPD harus terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Kepala Desa, mensupport dan mengawasi kegiatan Desa, sehingga dari APBDesa bisa meningkatkan ekonomi melalui BUMDES sampai pembangunan berjalan baik dan mengakomodir peran serta masyarakat didalamnya,”pungkasnya (IST)

0 Komentar