Ribuan Warga Padati Festival Durian Lokal Unggulan

festival durian
0 Komentar

PALABUHANRATU, SUKABUMIEKSPRES – Ribuan Masyarakat Kabupaten Sukabumi berbondong-bondong mendatangi Festival Durian Lokal Unggulan Sukabumi yang dilaksanakan di lapang Cangehgar Palabuhanratu, 7 sampai 8 Januari, kemarin.

Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan ini mulai mendatangi lokasi sejak pukul 07:30 WIB, untuk mengisi registrasi agar bisa mendapat kupon. Nantinya, kupon tersebut bisa ditukar dengan durian secara gratis yang telah disediakan pihak panitia.

Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menyatakan buah durian unggulan Sukabumi siap bersaing di kancah nasional. Sebab durian lokal Sukabumi tak kalah rasa dan kualitasnya dibandingkan durian daerah lain.

Baca Juga:Kartun Desa Cireunghas Inisiatif Bersihkan IlalangLansia Disengat Kalajengking saat Mencuci Baju

“Buah durian unggulan ini Insya Allah kita siap bersaing dengan durian daerah lain, kita ingin menggagas pelaksanaan festival tingkat nasional bisa dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi,” Ungkapnya

Ia menjelaskan, ada enam varietas durian yang siap ditampilkan, diantaranya varietas durian Vanessa, Sibo, Sisultan, Sibugis, Sirusa, Silenggut, Sicoklat.

“Enam varietas durian ini menjadi salah satu ikon buah unggulan lokal Kabupaten Sukabumi yang memiliki rasa dan tekstur daging yang manis, lembut serta biji yang kecil” jelasnya.

Ia menyebutkan, apabila varietas durian di Kabupaten Sukabumi dikelola dengan baik maka akan memberikan multiplayer efek terhadap pertumbuhan ekonomi para petani durian dan masyarakat semakin produktif.

Maka dari itu, Iyos akan terus mendorong stakeholder terkait untuk mempromosikan varietas durian unggulan tersebut ke kancah nasional maupun internasional.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sri Astuti menjelaskan, festival durian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pemulihan ekonomi masyarakat di Kabupaten Sukabumi pada sektor pertanian jenis buah-buahan satu diantaranya biah durian.

“Durian adalah satu buah unggulan exotic yang produksinya sangat berlimpah di Kabupaten Sukabumi selatan, khususnya di Palabuhanratu, Cikakak dan Simpenan,”katanya

Baca Juga:Target Penerimaan PKB Tahun Ini MeningkatPotensi Zakat di Kota Sukabumi Rp46 Miliar, Baru Terealisasi Sekitar Rp16 Miliar

Menurut Sri, penikmat buah durian cukup banyak dari berbagai kalangan, sehingga festival ini menjadi moment yang dinantikan oleh para penggemarnya.

Dia pun berharap, festival ini bisa dilaksanakan setiap tahun dan masuk pada kalender event Kabupaten Sukabumi, agar kedepan bisa menjadi ikon daerah sehingga mendatangkan wisatawan yang lebih banyak.

0 Komentar