Potensi UMKM Sukabumi Menjanjikan, Hanya Masih Terkendala Promosi dan Ekspansi Usaha

Potensi UMKM Sukabumi Menjanjikan, Hanya Masih Terkendala Promosi dan Ekspansi Usaha
0 Komentar

CIKEMBAR – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan potensi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sangat menjanjikan untuk percepatan pemulihan ekonomi pasca-pandemi COVID-19.

“Saya sempat meninjau ke beberapa lokasi UMKM perajin makanan ringan tradisional di Kabupaten Sukabumi salah satunya di Kampung Cilangkap Desa/Kecamatan Cikembar ternyata hasilnya cukup menjanjikan hanya memang ada beberapa kekurangan seperti promosi dan perluasan penjualan,” kata Uu di sela meninjau lokasi jalan rusak di Kecamatan Cikembar pada Kamis.

Menurut Uu, produk kerajinan berupa enye dan keripik singkong yang diproduksi warga Kampung Cilangkap ini ternyata mampu bertahan selama pandemi COVID-19, namun demikian pihaknya (Pemprov Jabar) tentu akan terus memberikan dukungan dan perhatian agar produk ini terus berkembang dan bisa memperluas jaringan penjualannya.

Baca Juga:Bappeda Kota Sukabumi Pastikan Implementasi RPJMD Sesuai TargetSatpolairud Rutin Pantau Objek Wisata Ingatkan Wisatawan Agar Jaga Diri

Ia pun akan turut mempromosikan makanan ringan ini agar keberadaannya bisa semakin dikenal tidak hanya di wilayah Sukabumi saja, tetapi minimalnya bisa tembus ke pasar nasional sebagai bentuk apresiasi dan dukungan dari pemerintah.

Lanjut dia, salah satu faktor yang membuat perekonomian nasional pada masa pandemi COVID-19 adalah keberadaan para pelaku UMKM, maka dari itu dirinya penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pelaku usaha tersebut yang terus berjuang menjaga perekonomian daerah dan nasional.

“Pemprov Jabar sangat fokus dalam upaya peningkatan UMKM dan kami pun terus berupaya agar produk-produk UMKM di Jabar khususnya di Kabupaten Sukabumi bisa terus berkembang,” tambahnya.

Uu mengatakan untuk pengembangan sektor usaha ini para perajin pun dituntut untuk bisa terus berkreasi dan berinovasi untuk mengikuti keinginan konsumen.

Kemudian memperbaiki dari sisi kemasan serta memanfaatkan dunia media sosial atau internet untuk memperluas jaringan usahanya.

Sementara, salah seorang pelaku UMKM pembuatan keripik singkong dan enye, Apud mengaku tidak menyangka bisa kedatangan pejabat daerah ke tempat usahanya.

Dirinya pun sempat berbincang dengan orang nomor dua di Provinsi Jabar itu terkait usaha untuk mengembangkan produk makanan ringannya.

Baca Juga:Soroti Kasus Korupsi Minyak Goreng, Gigin Sebut 2 Menteri dan 3 Orang Terkaya IndonesiaDelapan Parpol Pertegas Penolakan Sistem Proporsional Tertutup Pemilu 2024

“Pak Uu berjanji akan membantu kami dalam untuk mengembangkan usaha kami ini agar pendapatan bisa bertambah agar perekonomian di kampung ini terus meningkat,” katanya.

0 Komentar