Ponpes Bantu Tingkatkan Kualitas Hasil Perikanan

Ponpes Bantu Tingkatkan Kualitas Hasil Perikanan
0 Komentar

SUKABUMI, SUKABUMI EKSPRES– Ponpes Bantu Tingkatkan Kualitas Hasil Perikanan,Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati mengatakan pondok pesantren (ponpes) turut berperan membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas hasil perikanan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Komoditas perikanan yang dibudidaya di ponpes sudah terbukti bisa diandalkan dan membantu Pemkab Sukabumi khususnya dinas perikanan dalam upaya meningkat kualitas hasil perikanan mulai dari benih, bibit hingga olahan,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati di Sukabumi, Minggu.

Menurut Nunung, Dinas Perikanan sudah menginventarisasi ponpes di Kabupaten Sukabumi yang melakukan usaha budidaya ikan dalam upaya mengembangkan dunia usaha perikanan.

Baca Juga:JPU Ancam Eks Ketua DPRD Jabar Dihukum 12 Tahun, Terkait Kasus TPPU Aset di SukabumiAngka Stunting di Kabupaten Sukabumi Capai 24,2 persen 

Dari hasil pemantauan, Dinas Perikanan mengapresiasi ponpes-ponpes yang melakukan kegiatan budidaya ikan yang telah berhasil menghasilkan produk perikanan berkualitas.

Salah satunya, Ponpes Al- Istyirok di Kecamatan Waluran menjuarai lomba one pesantren one product (OPOP) tingkat Provinsi Jabar pada 2021 yang berhasil mengembangkan budidaya lele. Kemudian di 2022 giliran Ponpes Al-Masturiyah Cisaat yang menjuarai OPOP.

Permintaan ikan mulai dari ukuran benih konsumsi hingga bibit atau indukan setiap tahunnya meningkat, tetapi tidak hanya dari sisi kuantitas saja tapi kualitas seperti tahan penyakit, cepat besar dan tingkat mortalitas yang rendah.

“Ponpes saat ini tidak hanya mengembangbiakkan ataupun membesarkan ikan saja, tetapi sudah ada yang mampu meningkatkan kualitas bibit dan benih. Tentunya kami mendukung penuh usaha ponpes untuk terus berinovasi mengembangkan usaha budidaya perikanan ini,” katanya.

Di sisi lain, Nunung mengatakan budidaya ikan yang dilakukan sejumlah ponpes memiliki banyak manfaat baik untuk melatih kewirausahaan para santrinya, dikonsumsi sendiri untuk mencukupi kebutuhan gizi hingga mendukung program pemerintah yakni gemar makan ikan. (ant)

0 Komentar