Enam Lumbung Padi yang Dikelola Gapoktak Diresmikan Bupati.

Enam Lumbung Padi yang Dikelola Gapoktak Diresmikan Bupati.
0 Komentar

CIRACAP SUKABUMI EKSPRES – Enam Lumbung Padi yang Dikelola Gapoktak Diresmikan Bupati,Enam Lumbung Pangan Masyarakat yang dikelola komunitas Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) diresmikan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kamis (26/1).

Ke enam lumbung padi itu di kelola oleh Gapoktan Tunas Jaya, Desa Cikangkung Kecamatan Ciracap, Gapoktan Sinar Tani, Desa Jampang Tengah, Kecamatan Jampang Tengah, Gapoktan Tunas Bangsa, Desa Bantarsari, Kecamatan Pabuaran, Gapoktan Margamulya, Desa Margaluyu Kecamatan Sagaranten, Gapoktan Rukun Warga Desa Cimahpar Kecamatan Kalibunder, Gapoktan Mitra Mandiri Desa Cikarang Kecamatan Jampang Kulon.

Marwan Hamami dalam sambutannya mengatakan, pembangunan lumbung pangan ini merupakan wujud nyata kesungguhan pemerintah pusat hingga daerah yang berkomitmen untuk menjaga stabilitas ketersediaan pangan, cadangan pangan, dan aksebilitas masyarakat terhadap pangan.

Baca Juga:JPU Ancam Eks Ketua DPRD Jabar Dihukum 12 TahunKesadaran Bayar Retribusi Pemakaman Perlu Ditingkatkan

“Ini adalah salah satu harapan Bapak Presiden RI untuk bisa menepis terjadinya resesi ekonomi global di tahun 2023, gapoktan yang di amanahi untuk mengelola lumbung ini harus mengelola dengan sungguh-sungguh, baik dari segi pengelolaan maupun perawatan supaya keutuhan mesin agar selalu terjamin,” harapnya dia.

Diprediksi harga pangan akan terus melonjak yang berakibat terjadinya inflasi, maka dari itu peran LPM harus terus tumbuh dan berinovasi terhadap kemajuan pertanian di daerah agar peran dan fungsinya bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Saya minta kepada Dinas Ketahanan Pangan, Camat dan Kepala Desa agar gapoktan untuk terus diawasi agar LPM bisa dikelola dengan baik sehingga bisa tumbuh dan berkembang demi mensejahterakan masyarakat melalui potensi pertanian yang kita miliki,”ungkapnya.

Ia menuturkan, dibangunnya lumbung pangan ini ialah satu bentuk prinsip pemerintah dalam menghadapi situasi dan kondisi bangsa kedepan dengan hirup pikuk ekonomi yang semakin sulit.

“Pertahankan potensi lahan sawah yang ada, cermati dan kembangkan potensi dengan kreasi dan inovasi yang dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat desa khususnya para petani di Kabupaten Sukabumi” Imbuhnya

0 Komentar