Disdukcapil Jemput Bola Pembuatan Adminduk di Baros

Disdukcapil Jemput Bola Pembuatan Adminduk di Baros
0 Komentar

BAROS,SUKABUMIEKSPRES – Disdukcapil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi melaksanakan kegiatan Jemput Bola Lengkapi Identitas Kependudukan (Jempol Lentik) di Kelurahan/Kecamatan Baros, Sabtu (4/2).

“Kami terus melakukan kegiatan Jempol Lentik dengan harapan seluruh dokumen kependudukan dapat dimiliki masyarakat, baik yang baru ataupun pembaruan,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan seusai menghadiri kegiatan Jempol Lentik, Sabtu.

Fahmi menaruh harapan program unggulan Disdukcapil bisa mempercepat target pencapaian berbagai administrasi kependudukan seperti KTP elektronik, Kartu Keluarga, Akte Kematian, Akte Kelahiran, dan berbagai dokumen lainnya.

Baca Juga:Lampu Setopan di Perempatan Degung Tak BerfungsiKecamatan Citamiang Gelar Musrembang

“Kami lakukan jemput bola ini agar masyarakat bisa mudah mengakses layanannya,” sebutnya.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi, mengatakan program Jempol Lentik merupakan kegiatan rutin setiap akhir pekan.

Caranya dilakukan dengan menyambangi setiap kelurahan yang dianggap pengurusan dokumennya masih lamban.

“Jadi masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya mengurusi adminduk,” ungkapnya.

Sementara target Jempol Lentik yaitu remaja yang sudah berusia 17 tahun. Hal itu berkaitan dengan Pemilu serentak 2024, sehingga saat pesta demokrasi nanti, para pemilih pemula sudah memiliki KTP elektronik.

“Kita juga sekarang mengajak masyarakat agar yang memiliki smartphone yang Android bisa mengaktivasi aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD)” ungkapnya.

Di dalam IKD sudah tercatat berbagai dokumen kependudukan. Aplikasinya juga terintegrasi dengan BPJS, vaksinasi, kepemilikan NPWP, serta hak pilih pada Pemilu 2024.

“Ini untuk memudahkan masyarakat. Mereka tidak usah repot-repot lagi membawa dokumen. Semuanya tersimpan di handphone,” pungkasnya.

(Nuria Ariawan)

0 Komentar