Kecamatan Kalapanunggal Gelar Festival Durian

Kecamatan Kalapanunggal Gelar Festival Durian
0 Komentar

KALAPANUNGGAL, SUKABUBUMIEKSPRES -Kecamatan Kalapanunggal, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka Festival Durian dan Pasar Leuweung Sesi II Kalapanunggal di Kawasan Agro Mina Wisata Kampung Babakan Jaya Wangi, RT. 031 RW010 Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal, Senin (13/2).

Diketahui Pemerintah Kecamatan Kalapanunggal bersama segenap petani durian menyelenggarakan Kegiatan Festival Durian, buah-buahan, sayuran, produk kehutanan, olahan hasil hutan, serta produk UMKM yang dikemas dengan bentuk Pasar Leuweung.

Pasalnya, lokasi pelaksanaannya berada pada lokasi bernuansa alam, Marwan mengatakan dukungan potensi lahan yang dimiliki Kabupaten Sukabumi menguatkan pengembangan komoditas pertanian, sehingga produk-produk pertanian yang dihasilkan memiliki keanekaragaman dan memiliki kualitas yang baik.

Baca Juga:Bawa Sajam, Tiga Oknum Pelajar Terancam Penjara 10 TahunUsai Teknis TPA Cikundul Tinggal 2 Tahun

“Diyakini Festival buah unggulan memiliki multiplier effect yang sangat positif, khususnya mendorong pengembangan usaha masyarakat, meningkatkan perekonomian daerah. Selain itu bisa mendukung daya tarik wisata,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, pengembangan dan pemberdayaan sektor pertanian merupakan langkah strategis dalam percepatan pembangunan daerah.

“Pengembangan sektor pertanian memiliki daya ungkit yang kuat atas terwujudnya misi ke dua Pemkab Sukabumi sebagaimana telah ditetapkan dalam RPJMD 2021-2026, yakni meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi berbasis agrobisnis dan pariwisata berkelanjutan,” pungkasnya.

Adapun Festival Durian dan
Pasar Leuweung Sesi II Kalapanunggal tahun inimengusung tema “Durian dan Leuweung untuk kesejahteraan Masyarakat”. Kegiatan ini untuk menggeliatkan bisnis UMKM di Kecamatan Kalapanunggal.

0 Komentar