Diskominfo Waspadai Modus Penipuan via File APK

Diskominfo Waspadai Modus Penipuan via File APK
0 Komentar

JL R SYAMSUDIN SH,SUKABUMIEKSPRES– Dinas Komunikasi dan Informatik (Diskominfo) Kota Sukabumi mewaspadai modus penipuan berkedok pengiriman file Android Package Kit (APK) melalui pesan WhatsApp. Masyarakat pun diimbau waspada dengan modus penipuan tersebut.

“Kami mengimbau masyarakat terus waspada dan melakukan berbagai langkah pencegahan. Di antara harus bijak menanggapi pesan yang dikirimkan orang tidak dikenal. Kemudian selalu membiasakan mengunduh aplikasi smartphone dari tempat resmi seperti Google Playstore,” tegas Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, kemarin (20/2).

Beberapa upaya penipuan yang menggunakan modus tersebut telah teridentifikasi. Pelaku di antaranya mengaku dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dan BPJS Kesehatan.

Baca Juga:Kerahkan Brimob Jaga Kondusivitas di SukabumiTPT Ambruk Ancam Lahan Persawahan

“Jadi, modusnya itu pelaku menghubungi calon korban melalui pesan WhatsApp mengatasnamakan dari lembaga tertentu,” ujarnya.

Lalu, pelaku mengirimkan file APK yang diminta untuk di–install di smartphone milik calon korban.

“Seketika file APK mentahan untuk sebuah aplikasi telah terinstal, maka keamanan data korban terancam karena malware yang ditanamkan pada aplikasi tersebut. Waspada saja dengan modus ini karena bisa membobol data keamanan,” pungkasnya. (ist/portal.sukabumikota.go.id)

0 Komentar