Seampuh Apa Jokowi Effect untuk Prabowo di Pilpres 2024

Seampuh Apa Jokowi Effect untuk Prabowo di Pilpres 2024
0 Komentar

JAKARTA, SUKABUMIEKSPRES— Seampuh Apa Jokowi Effect untuk Prabowo,Populi Center memotret elektabilitas calon presiden yang bakal bertarung di Pilpres mendatang.Hasilnya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan kedua yang dipilih masyarakat sebagai presiden apabila pemilihan presiden dilakukan hari ini dengan suara 17,1 persen.

Elektabilitas Prabowo hanya beda sekitar 2,7 persen dari Ganjar Pranowo yang menempati urutan pertama dengan suara 19,8 persen.Populi Center juga mensimulasikan empat tokoh calon presiden. Menteri Pertahanan Prabowo mendapat 28,4 persen suara di urutan kedua setelah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mendapat 32,2 persen suara.

Dan di urutan ketiga, ditempati Anies yang memperoleh 17,6 persen suara dan urutan keempat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 15,6 persen suara.Sementara itu, hasil berbeda diperoleh saat tim Populi Center tidak memasukkan nama Ganjar dalam simulasi empat tokoh bakal capres.

Baca Juga:PDIP Tuding SBY yang Ubah Sistem Pemilu di 2008AHY Bikin Konten di Booth Mobil Esemka

Posisi Ganjar pada kategori survei ini digantikan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Hasilnya, Prabowo tetap mendapat suara tinggi dan jadi pemenang.Prabowo menjadi tokoh yang paling banyak dipilih masyarakat dengan 41,8 persen suara, disusul Ridwan 28,1 persen suara, Anies 21,9 persen suara, dan Puan dengan angka yang paling buncit, yaitu hanya 8,6 persen.

Pada simulasi ketiga, jika nama Puan dihilangkan dan hanya terdapat tiga calon presiden, nama Prabowo tetap dominan.

Hasilnya, Prabowo mendapat 34,4 persen suara dibandingkan Ridwan Kamil yang menempati urutan kedua dengan 27,6 persen suara dan Anies 23,7 persen suara.

Hasil survei yang tak jauh berbeda juga dirilis lembaga Survey and Polling Indonesia (SPIN).Prabowo Subianto dinyatakan unggul untuk menjadi tokoh yang dipilih rakyat menjadi Presiden di Pemilu 2024 mendatang.

Elektabilitas Prabowo masih bertahan sebagai calon Presiden paling utama pilihan publik dengan perolehan persentase 33,0%.Kemudian, di urutan kedua ada nama Ganjar Pranowo yang terpaut cukup tipis di atas Anies Rasyid Baswedan. Yakni 20,6% dan 20,0%.

“Selisih antara Prabowo dengan Ganjar dan Anies cukup meyakinkan berada di 12,4% sementara Ganjar dan Anies hanya terpaut 0,6% saja,” terang Direktur eksekutif Survey and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara dalam rilis surveinya secara daring, Minggu (19/2/2023).

0 Komentar