Dongkrak Kapasitas Relawan Keltana

Dongkrak Kapasitas Relawan Keltana
0 Komentar

SUKABUMI,SUKABUMIEKSPRES – Dongkrak Kapasitas Relawan Keltana, BPBD Kota Sukabumi melaksanakan kegiatan outbound pengembangan kapasitas Tim Reaksi Cepat (TRC) bagi Relawan Kelurahan Tangguh Bencana (Keltana). Kegiatannya digelar di Desa Perbawati Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/2).

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, mengatakan dalam kegiatan tersebut peserta diharapkan dapat mengembangkan jejaring (network) lintas sektor dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

TRC yang sedang dikembangkan saat ini, kata dia, dimulai dari Keltana sebagai tindak lanjut acara kemitraan dan kerja sama pada event seminar penguatan pentahelix dalam menghadapi ancaman Sesar Cimandiri pada bulan lalu.

Baca Juga:Walkot Sebut Peran Dokter Hewan Sangat DibutuhkanHarga Beras Belum Stabil

“Saya harap peserta dapat mengembangkan jejaring penyelenggaraan penanggulangan bencana. Perlu diperhatikan bahwa proses tersebut tidak dapat dilakukan oleh satu atau dua instansi, tetapi dibutuhkan kerja sama semua pihak karena bencana adalah urusan bersama,” ujar Zulkarnain dalam keterangan tertulisnya.

Peserta terdiri dari TRC serta unsur masyarakat dan aparat. TRC Relawan Keltana berasal dari Kelurahan Benteng, Cisarua, Cikundul, Cipanengah, Citamiang, Gunungpuyuh, Jayamekar, Nyomplong, Subangjaya, Sudajaya Hilir, Situmekar, Sriwedari, Karamat, dan Karangtengah.

Materi yang disampaikan terdiri dari manajemen respons cepat penanganan darurat, kerja sama tim, pembentukan TRC, pengantar pengkajian cepat, standar pemenuhan kebutuhan dasar, teknik pencarian dan pertolongan korban bagi petugas lapangan, serta bantuan hidup dasar.

Mereka juga mengikuti praktik komunikasi bencana lapangan, menggembleng anggota dengan bongkar pasang tenda secara cepat dan keterampilan menyelamatkan korban secara vertikal rescue, kemudian dilanjutkan dengan kaji cepat atas kejadian yang terjadi untuk dilakukan penetapan status darurat bencana.

(Nuria Ariawan)

0 Komentar