Bappeda Kota Sukabumi Sosialisasikan Penggunaan SIPD RI

Bappeda Kota Sukabumi Sosialisasikan Penggunaan SIPD RI
0 Komentar

SUKABUMI, SUKABUMIEKSPRES – Bappeda Sosialisasikan Penggunaan. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Kegiatannya diikuti seluruh kasubbag perencanaan dan keuangan di setiap perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kota Sukabumi.

Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah (PPEPD) Bappeda Kota Sukabumi, Asep Supriadi, mengatakan bimtek dilaksanakan berdasarkan surat Dirjen Bina Bangda Kemendagri.

Baca Juga:Petugas Damkar Evakuasi Ular Sawo Kopi di Rumah WargaKolaboratif Gelar Vaksin Booster Dosis Kedua

Pasalnya, mulai 2024 akan diterapkan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) RI menggantikan SIPD Merah Putih yang selama ini digunakan pemerintah daerah.

“Untuk menyosialisasikan sistem ini maka diperlukan bimtek agar para kasubbag perencanaan dan keuangan di setiap perangkat daerah memahami perbedaan yang cukup signifikan, terutama dalam menu perencanaan pada SIPD RI,” terang Asep, Selasa (28/2).

Seusai mengikuti bimtek, kata Asep, setiap perangkat daerah harus segera memasukkan rencana strategis (renstra) dan rencana kerja (Renja) atau usulan kegiatan tahun 2024 secara terperinci ke SIPD RI.

Menurutnya sistem yang terintegrasi dengan Kementerian Dalam Negeri tersebut sejalan dengan Permendagri Nomor 86/2017.

“Ke depan setiap perencanaan harus menyesuaikan dengan database yang telah di–input ke dalam SIPD RI,” pungkasnya.

(ist/portal.sukabumikota.go.id

0 Komentar