Lima Kali Simulasi, Elektabilitas Prabowo Selalu Unggul

Lima Kali Simulasi, Elektabilitas Prabowo Selalu Unggul
0 Komentar

JAKARTA,SUKABUMIEKSPRES–Lima Kali Simulasi,Lembaga Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei yang menyebutkan elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden unggul tipis dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Tingkat keterpilihan Prabowo berada di angka 20,05 persen diikuti Ganjar dan Anies.

“Sedangkan Ganjar Pranowo 18,9 persen, Anies Baswedan 17,9 persen,” ujar Peneliti Senior Median Ade Irfan Abdurrahman saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Ade mengatakan di posisi keempat ditempati Ridwan Kamil dengan 9,0 persen dan urutan berikutnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 3,5 persen. Berikutnya Airlangga Hartarto 2,9 persen, dan Erick Thohir 2,2 persen.

Baca Juga:Demokrat Resmi Usung Anies Sebagai Capres, AHY: Perahu Koalisi Perubahan Resmi BerlayarSkema Koalisi Gemuk Kepung Anies, Polarisasi Politik 2019 Kembali Terulang

“Hasilnya lima besar, pertama ada Prabowo Subianto, ada Pak Ganjar Pranowo, ada Anies Baswedan, ada Ridwan Kamil dan Agus Harimurti Yudhoyono,” katanya.

Median melakukan beberapa skenario dengan asumsi 4 poros dalam Pilpres. Skenario pertama, elektabilitas Prabowo menduduki peringkat pertama dengan 25,5 persen, disusul posisi kedua Ganjar dengan 22 persen suara dan Anies 20 persen.

Pada skenario kedua, Prabowo kembali menempati posisi pertama dengan 24 persen, disusul Ridwan Kamil di posisi kedua dengan 23,5 persen, kemudian Anies Baswedan posisi ketiga dengan 18 persen.

Skenario tiga, Prabowo memperoleh 25,6 persen suara mengalahkan Anies di posisi kedua dengan 24,2 persen. Posisi ketiga diduduki Airlangga Hartarto dengan 10 persen perolehan suara.

Berikutnya, skenario empat, Prabowo Subianto peroleh 25 persen suara menjadi peringkat pertama. Disusul oleh Anies Baswedan dengan 23 persen suara dan Puan Maharani 8,5 persen suara di posisi ketiga.

Skenario terakhir, Prabowo lagi-lagi menduduki urutan teratas dengan dipilih 25,2 persen responden. Disusul posisi kedua Anies Baswedan dengan 23,4 persen dan posisi ketiga Puan Maharani dengan 8 persen.

Survei median dilakukan pada 22-26 Februari 2023. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui media sosial Facebook dengan target responden pengguna aktif Facebook berusia 17 sampai 60-an tahun.

0 Komentar