Sosok Mbah Petruk Kembali Muncul Saat Erupsi Merapi

fenomena awan mbah petruk di puncak gunung merapi
Fenomena Awan "Mbah Petruk" saat erupsi Merapi pada tahun 2023 dan 2010. Foto: Istimewa
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Sabtu kemarin (11/3) Merapi kembali erupsi dengan memuntahkan sejumlah awan panas sejak pukul 12.12 WIB. Peristiwa muntahan awan panas pada erupsi gunung Merapi menimbulkan sebuah fenomena awan panas yang dianggap menyerupai wujud Mbah Petruk.

Awan panas tersebut berwujud seperti seseorang berhidung mancung dan menggunakan sanggul. Karena itu, banyak yang menganggap fenomena awan panas pada gung Merapi tersebut menyerupai Mbah Petruk yang memiliki hidung mancung dan menggenakan sanggul pada kepalanya.

BACA JUGA: Merapi Kembali Erupsi, Muntahkan Awan Panas dan Hujan Abu

Fenomena tersebut beredar melalui unggahan foto maupun video yang tersebar di berbagai media sosial, khususnya twitter. Fenomena awan panas yang menyerupai Mbah Petruk tersebut menimbulkan berbagai macam reaksi masyarakat.

Baca Juga:Merapi Kembali Erupsi, Muntahkan Awan Panas dan Hujan AbuLengkong Culinary Night, Kuliner Malam Minggu Bandung

Mungkin ada beberapa masyarakat yang geger karena fenomena awan yang menyerupai “Mbah Petruk” yang pernah terjadi di tahun 2010, namun ada juga yang menanggapinya dengan santai. Selain itu, ada juga yang menggambarkan bentuk dari fenomena tersebut berdasarkan kreativitas yang mereka miliki.

Pada akun twitter @merapi_undercover yang mengunggah sebuah video fenomena awan panas “Mbah Petruk” menuliskan agar masyarakat berimajinasi mengenai fenomena tersebut. Unggahan tersebut telah diunggah pada (12/3) pukul 8.59 pagi kemarin.

Fenomena Awan “Mbah Petruk” Pernah Muncul di Tahun 2010

Fenomena yang sama juga pernah terjadi pada erupsi gunung Merapi pada tahun 2010. Pada tahun tersebut, beredar sebuah foto yang membuat masyarakat geger setelah erupsi gunung Merapi yang mengakibatkan korban jiwa dan kerugian pada daerah yang terdampak letusan tersebut.

Foto yang diambil oleh salah satu warga di Magelang merupakan sebuah awan yang berada di puncak gunung Merapi. Awan tersebut memiliki bentuk menyerupai kepala berhidung mancung dengan mengenakan sanggul.

Banyak yang menganggap bahwa awan tersebut menyerupai Mbah Petruk. Untuk wujud dari Mbah Petruk sendiri yaitu memiliki hidung mancung dan kepala yang menggunakan sanggul.

Mbah Petruk sendiri merupakan salah satu tokoh Punakawan dalam pewayangan Jawa selain Bagong atau Bawor, Gareng dan Semar. Mbah Petruk sendiri memiliki ciri khas hidung mancung.

0 Komentar