5 Amalan untuk Wanita Haid saat Bulan Ramadhan agar Tetap Dapat Pahala

5 Amalan untuk Wanita Haid saat Bulan Ramadhan agar Tetap Dapat Pahala
Illustrasi Wanita Muslimah/ Sumber Foto: pixabay @mohamed_hassan
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Bulan Ramadhan ditunggu karena  agar bisa menunaikan ibadah puasa. Saat bulan puasa, tidak semua orang bisa menjalankannya ibadah puasa, seperti Wanita yang berada pada masa nifas dan juga Wanita yang sedang mangalami haid.

Beberapa Wanita banyak yang merasa menyesal karena tidak bisa menjalani ibadan puasa di bulan Ramadhan, Kendati demikian, masa haid ini sebenarnya tidak bisa menghalangi Wanita untuk melakukan amalan-amalan lain di bulan Ramadan.

Tentu ada amalan baik yang tetap dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid/nifas selama bulan Ramadhan. Berikut merupakan 5 amalan baik yang dapat dilakukan dan dipraktikkan di bulan Ramadhan bagi wanita yang haid.

1. Mendengarkan Al-Qur’an

Baca Juga:Anggota Taruna Akmil Aniaya Mahasiswa, Dilaporkan ke Polisi dan Denpom MedanTNI AL Gadungan Tertangkap di Tangerang

Seperti yang sudah diketahui bahwa membaca Al-Qur’an tidak diperkenankan untuk Wanita yang sedang mengalami haid. Tetapi, bagi Wanita yang sedang haid masih bisa diperbolehkan untuk mendengarnya. Kebolehan ini didasari hadis riwayat Ibnu Majah.

Dari Aisyah Ra ia berkata “Rasulullah Saw meletakkan kepalanya di pangkuanku saat aku sedang haid dan ia membaca Al-Qur’an”.

Dengan tetap mendengar Al-Qur’an, hatinya akan selalu terpaut pada kalam-kalam Allah dan senantiasa mendapat rahmat. Allah Swt berfirman:

Dan apabila dibacakan Al-Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat (QS. Al-A’raf: 204)

2. Memperbanyak Zikir dan Doa

Amalan lain yang dapat dilakukan oleh Wanita yang sedang mengalami haid yaitu dengan memperbanyak zikir dan doa. Para Fuqoha sepakat bahwa tiga poin ibadah, yaitu istighfar, dzikir, dan doa tidak disyaratkan yang melakukannya harus dalam keadaan suci dari hadas baik hadas besar maupun hadas kecil. Artinya seorang wanita yang sedang haid, meskipun dia berhadas besar tidak ada larangan baginya untuk beristighfar, dzikir dan berdoa sepanjang waktu selama mampu.

3. Bersedekah

Saat Wanita sedang mengalami haid, melakukan kegiatan bersedekah bisa dilakukan kapanpun serta tak harus menunggu bulan Ramadan. Dalam hal bersedekah, Rasulullah SAW juga menyerukan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

0 Komentar