Kalahkan Sushi, Pempek Masuk Lima Besar Seafood Paling Enak di Dunia

Pempek Masuk Lima Besar Seafood Paling Enak di Dunia
Pempek Masuk Lima Besar Seafood Paling Enak di Dunia. (Foto : Pixabay)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Menurut Teste Atlas, Pempek dari Palempang ini menjadi lima teratas olahan seafood terbaik di dunia.

Berdasarkan data dari laman Teste Atlas pada 13 Maret 2023. Pempek menduduki peringkat keempat hidangan seafood atau makanan dari olahan ikan laut terbaik di dunia yang mencetak nilai sebesar 4,7.

Teste Atlas merupakan situs kuliner Kroasia yang mengulas mengenai semua hidangan tradisionalm bahan loka dan restoran autentik.

Baca Juga:Penetapan 1 Ramadhan dan Amalan Apa Saja yang Dilakukan Pada Hari Pertama RamadhanSM Universe Academy Akan Mulai Semester Pertama

Pempek merupakan makanan dari olahan daging ikan yang digiling lembut dan dicampus dengan tepung kanji atau tepung sagu. Dan beberapa bahan lainnya seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam.

Makanan ini biaanya disajikan dengan kuah yang disebut cuka. Kuah tersebut memiliki rasa masam, manis dan pedas.

Pempek merupakan makanan yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Tetapi diseluruh daerah di Indonesia pasti terdapat makanan ini.

Banyak jenis yang terdapat pada pempek, ada yang paling terkenal yaitu kapal selam. Pempek yang diisi dengan telur ayam dan digoreng dalam minyak panas.

Ada juga yang Namanya pempek lenjer, bulat (atau dikenal dengan nama adaan), pempek kuliat ikan, pistel (berisi irisan papaya muda rebus uang sudah ditumis dan dibumbui). Dan masih banyak lagi jenisnya.

Terkait dengan asl usulnya, disebutkan bahwa seorang warga Palempang yang sudah tua sering disebut Apek, ia merasa bosan memakan ikan goreng atau ikan bakar. Sehingga Apek berinisiatif menggiling daging ikan dan mencampurnya dengan tepung.

Apek tersebut biasa berkeliling kota menggunakan sepeda miliknya untuk menjajakan olah tersebut. Pada saat itu makanan tersebut belum memiliki nama.

Baca Juga:Jelang Ramadhan, Pemkot Bandung Bakal Tata Rapih PKL dan BazarKeren! Sebagian Crew Pada Konser BLACKPINK Di GBK Ada yang Difabel

Sehingga para membeli jiga ingin memanggil Apek dengan nama ujungnya saja yaitu “pek”. Dari nama “pek pek” jadilah makanan tersebut Bernama Pempek.

Selain Pempek dari Palembang ini. Ada seafood lain dari berbagai negara yang masuk 10 besar seafoot terbaik menurut Teste Atlas.

Berikut daftarnya :

  1. Ameijoas a Bilhao Pato (Portugal), skor 4,8
  2. Gamba al Ajillo (Spayol), skor 4,7
  3. Ceviche Mixto (Peru). Skor 4,7
  4. Pempek (Indonesia), skor 4,7
  5. Sushi Maguro Nigiri (Jepang), skor 4,7
  6. Sushi Otoronigiri (Jepang), skor 4,7
  7. Conchitas a La Parmesana (Peru), skor 4,7
  8. Kaisendon (Jepang), skor 4,6
  9. Linguine Allo Scogli (Kampania), skor 4,6
  10. Fitto Misto (Itali), skor 4,6
0 Komentar