BPBD Dukung Kesiap siagaan Satlinmas Hadapi Pemilu

BPBD Dukung Kesiap siagaan Satlinmas Hadapi Pemilu
0 Komentar

SUKABUMI, SUKABUMIEKSPRES – BPBD Dukung,Kesiapsiagaan Satlinmas,Hadapi Pemilu,BPBD Kota Sukabumi mendukung kesiapsiagaan anggota Satlinmas menghadapi bencana pada Pemilu 2024.

Bentuk dukungan dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada para anggota Satlinmas di Kelurahan Babakan Kecamatan Cibeureum, Rabu (15/3).

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, mengatakan berbagai potensi bencana dimungkinkan terjadi saat pelaksanaan Pemilu.

Baca Juga:Musrenbang Kota Sukabumi Munculkan Enam Isu StrategisKades Karangtengah Disomasi

Di antaranya kerusakan daftar pemilih, infrastruktur pendukung, pemindahan lokasi TPS, terhambatnya pengadaan dan jalur distribusi logistik, hingga penundaan ataupun terkatung-katungnya pergantian pemerintahan.

Karakteristik keteraturan dan kepastian yang dituntut dalam penyelenggaraan pemilu bertolak belakang dengan karakteristik bencana yang penuh dengan ketidakpastian dan berpotensi mengacaukan.

“Kami berikan pelatihan kesiapsiagaan serta praktik penyelamatannya dengan pola permainan pada tahapan penyelenggaraan Pemilu,” ujar Zulkarnain pada keterangannya, kemarin (16/3).

Kota Sukabumi merupakan wilayah rawan bencana sehingga kejadiannya bisa terjadi kapan saja sekalipun pada tahapan Pemilu.

Karena itu diperlukan kesiapsiagaan bersama termasuk anggota Satlinmas dengan cara mengidentifikasi dan memetakan orang atau wilayah yang rawan terjadi bencana, menetapkan jalur evakuasi, kemudian memastikan pemilu adaptif dengan menyediakan sarana dan panduan praktik bagi panitia adhoc dan juga tetap menjalin koordinasi dengan pemerintahan serta pejabat yang mengampu peringatan dini bencana. 

(Nuria Ariawan)

0 Komentar