Kolak Bosenin? 5 Olahan Pisang Ini Bisa Jadi Alternatif Takjil

Pisang Bakar.
Pisang Bakar Alternatif Takjil Pengganti Kolak. Sumber Foto: @pisangbakarkampoeng2.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Kolak pisang menjadi salah satu makan yang banyak orang jual ketika bulan Ramadhan tiba. Makanan yang biasa juga dipadukan dengan ubi dan candil ini kerap dicari sebagai takjil berbuka puasa.

Kolak pisang mudah menjadi favorit karena punya cita rasa manis serta gurih dari santannya. Meski begitu, ada kalanya orang mengalami bosan makan makanan yang itu-itu saja, termasuk kolak.

Bagi para penggemar pisang tapi bosan dengan kolak untuk hidangan berbuka pada bulan puasa nanti tak perlu khawatir. Ada banyak olahan pisang yang bisa dijadikan alternatif menu pembatal puasa kalian, seperti di bawah ini.

Baca Juga:Cara Dapatkan Skin Gratis di 2 Event Besar Mobile Legends MendatangGugur dari All England 2023, Viktor Axelsen: Itu Berat

Berikut lima olahan pisang sebagai alternatif untuk takjil berbuka puasa dilansir dari berbagai sumber.

1. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo juga merupakan salah satu takjil favorit saat bulan Ramadhan tiba. Sementara kolak disajikan secara hangat, kuliner khas Makassar ini termasuk makanan dingin.

Sesuai namanya, Es Pisang Ijo terdiri dari pisang berbalut adonan tepung berwarna hijau. Pisang ditaruh di atas bubur sum-sum lalu ditambahkan es serut, sirup merah, susu kental manis.

2. Puding Pisang

Di nomor dua ada puding pisang. Makanan ini punya sensasi dingin dan tekstur pisangnya pun lembut.

Terdapat perpaduan tekstur creamy dari kenyalnya agar-agar, selagi lembutnya pisang karena dihaluskan sebelumnya.

3. Smoothie Pisang

Masih makanan dingin, kali ini ialah smoothie pisang. Para penggemar smoothie bisa memilih olahan ini untuk takjil berbuka puasa.

Cara membuatnya pun mudah karena hanya menghaluskan pisang beku dengan blender. Kemudian tambahkan toping-toping sesuai selera kalian.

4. Piscok Lumer

0 Komentar