Wetland Park Cisurupan, Kolam Retensi di Kota Bandung

Wetland Park Cisurupan, Kolam Retensi di Kota Bandung
Wetland Park Cisurupan/Sumber Foto: bandung.go.id
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Pemerintah Kota Bandung berupaya untuk mengatasi permasalahan banjir yang kerap terjadi jika musim hujan tiba. Upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan membuat kolam retensi di sejumlah wilayah di Kota Bandung. Salah satunya Wetland Park Cisurupan yang berada di Jalan Cilengkrang 1 Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.

Lahan seluas 4 hektar ini memiliki beberapa area, yaitu yang pertama area entrance berupa jalan masuk selebar 6 meter. Disekitar area entrance ini terdapat pepohonan sebagai pembentuk ruang dan peneduh. Kedua ada Area Parkir, area parkir pada kawasan ini memiliki 2 area yang cukup luas, dapat menampung 36 mobil dan 50 motor yang dilindungi oleh pepohonan yang meneduhkan di area tersebut. Ketiga area sirkulasi untuk pejalan kaki menggunakan bebatuan (gravel) yang memberi kesan alami, dibuat dengan lebar 3.5 meter dan dapat  dilalui 5-6 orang jalan berdampingan. Keempat area pedestrian disekitar kolam yang  dibuat dengan lebar 1 meter bisa dilalui 1 orang.

Disekitar area pedestrian ini dilengkapi dengan garden furniture yang terdiri dari batu hiasan berbentuk bola, lampu taman berupa lampu hias dan lampu penerangan jalan umum, disini juga terdapat  tempat duduk dari bahan kayu dan bambu. Kelima area Pembibitan, Area Sungai, dan Area Komunal. Area pembibitan yang terletak di bagian utara disediakan sebagai area untuk pembibitan tanaman yang akan digunakan di kawasan ini. Area ini juga dilengkapi dengan rumah kompos, yang berupa bangunan dengan menggunakan material batu alam, batu bata, dan atap dari tanah liat atau genteng.

Baca Juga:Resto Kehidupan Tidak Pernah Berakhir, Menjadi Destinasi Hunting Kuliner di Bandung!Guru Pengkritik Ridwan Kamil Tolak Tawaran Mengajar Kembali di SMK Cirebon

Wetland Park juga dilengkapi dengan area berkumpul pengunjung, yang dapat memuat kurang lebih 100 orang pengunjung yang dilengkapi dengan gazebo mutifungsi 2 lantai berukuran 5×6 m2 yang ditempatkan ditengah kolam air . Gazebo juga berfungsi untuk berteduh dari panas dan hujan. Pada bagian atap dari gazebo ini dapat digunakan pengunjung untuk menikmati suasana sekitar secara keseluruhan. Selain itu juga terdapat amphitheater yang dapat digunakan untuk pengunjung berduduk santai dan terkadang dapat digunakan untuk acara tertentu. Tangga amphitheater ini dibuat menggunakan material grass block agar tanaman tetap bisa tumbuh disela-selanya juga. Amphitheater juga berfungsi sebagai tempat pengunjung berkumpul, dan saling berinteraksi menikmati suasana sekitar.

0 Komentar