Serba-serbi Mie Ragit Kuliner Khas Indramayu yang Cuma Ada di Bulan Puasa

Ilustrasi Mie Ragit Kuliner khas Kabupaten indramayu.
Ilustrasi Mie Ragit Kuliner khas Kabupaten indramayu. Sumber Foto: Cookpad Dapur Mom Era.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, ada kuliner yang hanya tersedia ketika bulan Ramadhan atau bulan puasa. Makanan takjil tersebut berupa mie yakni bernama Mie Ragit. Mi khas Indramayu ini menjadi buruan banyak masyarakat setempat untuk sebagai menu berbuka puasa.

Masyarakat Kabupaten Indramayu berbondong-bondong selalu membuat Ragit ketika masuk bulan puasa.  Mie tersebut memang bukan hanya kuliner khas bulan Ramadhan melainkan juga penanda bahwa bulan penuh berkah itu tiba bagi warga setempat. Ada warga yang membuatnya sebagai ide jualan, dan ada pula yang membuatnya untuk dikonsumi secara pribadi.

Melansir dari berbagai sumber, tidak diektahui secara pasti kapan tepatnya Mie Ragit menjadi kuliner khas yang hanya ada di bulan Ramadhan. Namun yang pasti, hidangan mie satu ini selalu hadir sebagai kuliner primadona saat bulan Suci Ramadhan tiba.

Baca Juga:Resep Varian Bubur Sumsum untuk Takjil Buka PuasaFix Nyegerin, Ini Rekomendasi Kreasi Kelapa untuk Buka Puasa

Adapun makanan khas Kabupaten Indramayu ini terdiri dari mie dan telur dadar yang disiram dengan kuah udang santan. Kuah udang santan alhasil membuat tekstur rasa ragit menjadi gurih nikmat. Rasa udang yang sudah digerus dan kemudian dicampur dengan kuah santan sangat terasa.

Kuah kaldunya yang gurih dan lezat memang adalah kunci di balik rasa khas dari Ragit, sementara tambahan sambal kacang pun akan menambah kelezatannya. Di luar daripada itu, Ragit pun umumnya dicampurkan dengan toping-toping sayuran, dengan salah satu paling favorit adalah kubis.

Mengutip dari laman budaya-indonesia-org, Ragit juga mengandung banyak protein karena memakai bahan kuah santan berbahan udang dan telur yang syarat protein.

Harga Mie Ragit sangat ramah di kantong. Dengan dibanderol seharga mulai dari Rp3000-Rp5000 per porsi, kita sudah bisa menikmati hidangan yang juga dikenal merupakan spagetinya masyarakat Indramayu ini.

Menurut para penggemar kuliner, kampung kuliner di Jl. Kapten Arya Kelurahan Karangmalang, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, adalah satu-satunya tempat Mie Ragit yang punya cita rasa terbaik.

0 Komentar